ANALISIS LITERASI DIGITAL PADA KONTEN INSTAGRAM @INFINITYGENRE

Delmia Wahyudin, Cardina Putri Adiputra

Abstract


Melalui media sosial dengan pengguna generasi millennial terbanyak, instagram menjadi pilihan setiap penggerak sosial dalam melaksanakan literasi digital termasuk @infinitygenre. Penelitian ini bertujuan untuk mengajak masyarakat terus melakukan literasi digital agar dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan landasan berfikir atau paradigma postpositivisme. Hasil dari wawancara mendalam yang dilakukan oleh peneliti dengan founder sekaligus content creator akun tersebut mendapat hasil, bahwa akun instagram @infinityGenRe ialah akun non profit yang mendukung terbangunnya literasi digital pada generasi muda fokusnya mahasiswa. Pembuatan konten informasi yang dibagikan dalam akun ini juga lebih berfokus pada elemen Konstruktifis yang mana founder percaya, elemen ini sangat penting untuk membangun literasi digital.


Keywords


Literasi Digital, BKKBN, Media Sosial, Teori Belshaw

Full Text:

PDF

References


Arianti, Gusmia. 2017. Kepuasan Remaja terhadap Penggunaan Media Sosial Instagram dan Path. Jurnal Wacana Ilmiah Ilmu Komunikasi Universitas Moestopo. Volume 16 No.2, (hal 180-192).

Belshaw, Douglas A.J. 2011. What is Digital Literacy? A Pragmatic Investigation. UK: Department of Education at Durham University.

Brogan, Chris. 2010. Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online. New Jersey: John Wiley, & Sons, Inc.

Caleb T Carr, Rebecca A Hayes. 2015. Social Media: Defining, Developing and Divining. Atlantic Journal of Communication. Vol.23, No.1, (hal: 46-65).

Carr, Caleb T., & Hayes, Rebecca A. (2015). Social Media: Definin, Developing, and Diviningl. Atlantic: Journal of Communication.

Griffin, Emory A. 2003. A First Look at Communication Theory, 5th edition, New York: McGraw-Hill.

Hartanti, Lisa Esti Puji. 2018. Komunikasi Orang Muda di Sosial Media sebagai Influencer. Jurnal Wacana Ilmu Komunikasi Universitas Moestopo. Vol.17, No. 2, (hal:145-147).

Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Sosial Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Refika Aditama

Kietzmann, Jan. 2011. Social Media? Get Serious Understanding the Fucntional Building Blocks of Social Media. Vancouver: Business Horizons.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kurnianingsih, Indah. Rosinie. and Ismayanti, Nita. 2017. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jogjakarta: Universitas Gajah Mada.

Kusumaningrat, Hikmat & Purnama Kusumaningrat. 2016. Jurnalistik Teori & Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Martin, A. 2006. Literacies for Age Digital Age. Digital Literacies for Learning. Martin & D. Madigan (eds). London: Facet.

Mathar, Taufiq. 2014. Authors Collaboration in Digital Literacy from 1997 to 2013: a Bibilometric Study. (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-alhikmah/article/download/131/105)

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Moleong, Lexy. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitative Research & Evaluation Methods. UK: Sage Publication.

Rowles, Daniel. 2014. Digital Branding: A Complete Step-by-Step Guide to Strategy, Tactics and Measurement. London, United Kingdom: Kogan Page Ltd.

Sugihartati, Rahma. 2014. Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media Group..

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta

Tahir, Muh. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Thurlow, Crispin, Laura Lengel and Alice Tomic. 2004. Computer Mediated Communication; Social Interaction and The Internet. London: Sage Publication

Tim Gerakan Literasi Nasional. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

UNESCO. 2005. Education for All: Literacy for Life. Diakses dalam http://www.uis.unesco.org/Library/Documents/gmr06-en.pdf




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

  

 
 

Indexed by:

   

 



WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id