MEDIA BARU (NEW MEDIA) SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMASARAN YANG EFEKTIF
Abstract
Media massa merupakan sarana penyampaian informasi dalam komunikasi massa baik melalui media cetak
maupun elektronik. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, sarana penyampaian pesan dalam komunikasi
massa tidak hanya terbatas pada kedua media yang sudah ada, namun kini muncul media baru (new media) dengan
berbagai karakteristik yang dimilikinya serta keunggulan dan kelemahan yang menyertainya. Saat ini, media baru
menjadi salah satu sarana komunikasi massa yang penting dan diperlukan dalam berbagai bentuk komunikasi,
seperti pemasaran atau penjualan. Jika sebelumnya para pemasar melakukan strategi pemasaran melalui media
konvensional yang bersifat satu arah dan terbatas, maka kini para pemasar mengkomunikasikannya secara interaktif
melalui media onlineatau internet. Internet sebagai media baru (new media) dinilai sebagai media komunikasi
yang lebih baik dibandingkan media yang ada sebelumnya, karena memiliki fleksibilitas dan keunggulan dalam
memberikan pengertian dan menarik minat konsumen. Selain itu, internet juga merupakan sebuah elemen penting
yang potensial dalam program Integrated Marketing Communication(IMC), seperti iklan, promosi penjualan, dan
publisitas perilisan, acara-acara, yang disampaikan kepada pelanggan atau calon pelanggan.
Keywords
References
Baran, Stanley J. 2013. Introduction to Mass
Communication Media Literacy and Culture
Update Edition. USA: Mc Graw Hill.
Buleang, AR. 2004. Komunikasi Pemasaran, Jakarta:
Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Littlejohn, Stephen W. 2008. Theories of Human
Communication, Singapore: Cengage Learning
Asia-Pacific Pte Ltd.
McQuail, Dennis. 1987. Mass Communication Theory
Second Edition, Terjemahan, Jakarta, Penerbit
Erlangga,
McQuail, Dennis. 2000. McQuails Mass
Communication Theory 4th
Edition, Singapore
: Sage Publication Asia-Pacific Pte Ltd,
McQuail, Dennis, 2010, McQuails Mass
Communication Theory, Singapore: Sage
Publication Asia-Pacific Pte Ltd.
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran
Terpadu. Jakarta: Kencana,
Percy, Larry. 2008. Strategic Integrated Marketing
Communication, USA: Elsevier Inc.
Rakhmat, Djalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi,
Bandung. Rosda Karya
Severin, Warner J. & James W. Tankard. 2011. Jr. Teori
Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di
Dalam Media Massa, terj. Sugeng Hariyanto,
Edisi 5. Jakarata: Kencana Prenada Media.
Shimp, Terence A. 2014. Komunikasi Pemasaran
Terpadu dalam Periklanan dan Promosi Edisi
, Terjemahan, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v14i2.98
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.