MEDIA BARU (NEW MEDIA) SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMASARAN YANG EFEKTIF

nurkholisoh nurkholisoh

Abstract


Media massa merupakan sarana penyampaian informasi dalam komunikasi massa baik melalui media cetak
maupun elektronik. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, sarana penyampaian pesan dalam komunikasi
massa tidak hanya terbatas pada kedua media yang sudah ada, namun kini muncul media baru (new media) dengan
berbagai karakteristik yang dimilikinya serta keunggulan dan kelemahan yang menyertainya. Saat ini, media baru
menjadi salah satu sarana komunikasi massa yang penting dan diperlukan dalam berbagai bentuk komunikasi,
seperti pemasaran atau penjualan. Jika sebelumnya para pemasar melakukan strategi pemasaran melalui media
konvensional yang bersifat satu arah dan terbatas, maka kini para pemasar mengkomunikasikannya secara interaktif
melalui media onlineatau internet. Internet sebagai media baru (new media) dinilai sebagai media komunikasi
yang lebih baik dibandingkan media yang ada sebelumnya, karena memiliki fleksibilitas dan keunggulan dalam
memberikan pengertian dan menarik minat konsumen. Selain itu, internet juga merupakan sebuah elemen penting
yang potensial dalam program Integrated Marketing Communication(IMC), seperti iklan, promosi penjualan, dan
publisitas perilisan, acara-acara, yang disampaikan kepada pelanggan atau calon pelanggan.


Keywords


media baru, internet, media online, komunikasi pemasaran

References


Baran, Stanley J. 2013. Introduction to Mass

Communication Media Literacy and Culture

Update Edition. USA: Mc Graw Hill.

Buleang, AR. 2004. Komunikasi Pemasaran, Jakarta:

Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Littlejohn, Stephen W. 2008. Theories of Human

Communication, Singapore: Cengage Learning

Asia-Pacific Pte Ltd.

McQuail, Dennis. 1987. Mass Communication Theory

Second Edition, Terjemahan, Jakarta, Penerbit

Erlangga,

McQuail, Dennis. 2000. McQuails Mass

Communication Theory 4th

Edition, Singapore

: Sage Publication Asia-Pacific Pte Ltd,

McQuail, Dennis, 2010, McQuails Mass

Communication Theory, Singapore: Sage

Publication Asia-Pacific Pte Ltd.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran

Terpadu. Jakarta: Kencana,

Percy, Larry. 2008. Strategic Integrated Marketing

Communication, USA: Elsevier Inc.

Rakhmat, Djalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi,

Bandung. Rosda Karya

Severin, Warner J. & James W. Tankard. 2011. Jr. Teori

Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di

Dalam Media Massa, terj. Sugeng Hariyanto,

Edisi 5. Jakarata: Kencana Prenada Media.

Shimp, Terence A. 2014. Komunikasi Pemasaran

Terpadu dalam Periklanan dan Promosi Edisi

, Terjemahan, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v14i2.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.