Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Perilaku Narsis di Kalangan Mahasiswa STABN Raden Wijaya
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Instagram terhadap perilaku narsis di kalangan mahasiwa STABN Raden Wijaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif, jumlah populasinya sebesar 519 dengan sampel 125 responden, teknik pengambilan sampel dengan cara Probability Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan angket. Pada penelitian ini terdapat dua variable yaitu penggunaan media sosial Instagram (variable X) serta perilaku narsis (variable Y) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara dua variabel. Hasil uji reabilitas untuk variable X 0,943 dan Y 0,923 sehingga dapat dikatakan reliable, kemudian untuk Uji Homogeitas sebesar 0.066 lebih besar > 0,05 hal ini data dapat dinyatakan homogen, dan untuk Hasil uji hipotesis di peroleh signifikansi sebesar 0,000 jika signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 ( p < 0,05) maka dapat dikatakan terdapat pengaruh antara variabel (X) yaitu penggunaan media sosial Instagram terhadap variabel (Y), yaitu perilaku narsis, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisya, A., Priana, A., Ardiningrum, S., & Safitri, D. (2019). The Use of Instagram on Political Participation of Communication Students in Universitas Negeri Jakarta. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.32509/jhm.v2i1.987
Alyusi, S. D. (2016). Media sosial : Interaksi, Identitas dan Modal Sosial (R. . Gusti (ed.)). Kencana.
Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan Di Kota Palu. Kinesik, 9(2), 176–182. https://doi.org/10.22487/ejk.v9i2.327
Apriyani, I., Suntoda, A., & Didin, B. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Test Of Gross Motor Development-2 ( TGMD-2 ). Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(229), 40–45.
Asiah, N., Taufik, & Firman. (2018). Hubungan self control dengan kecenderungan narsistik siswa pengguna jejaring sosial instagram di SMP Negeri 2 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 1–7.
Darmawan, D., Febrianty, Utama, A. G. S., Marasabessy, S. A., Larasati, D. A., & Roosinda, F. W. (2021). Pyschological Perspective In Society 5.0 (Di. U. Sutiksno, Ratnadewi, & I. Aziz (eds.); Sutiksno,). Zahir Publishing. https://books.google.co.id/books?id=Mpo9EAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PA91&dq=NARSISME DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM&hl=id&pg=PR2#v=onepage&q=NARSISME DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM&f=false
Engkus, E., Hikmat, H., & Saminnurahmat, K. (2017). Perilaku Narsis pada Media Sosial di Kalangan Remaja dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(2), 121–134. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i2.220
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi. Jurnal VARIAN, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331
Ismail, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 256–269. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594
Jorgi, B. (2024). Pengaruh Bermain Game “ Mobile Legends : Bang Bang ” Terhadap Perilaku Kekerasan. 2(3), 182–190.
Laeli, A. N., Sartika, E., Rahman, F. N., & Fatchurrahmi, R. (2018). Hubungan Kontrol Diri dan Harga Diri Terhadap Kecendrungan Narsistik pada Mahasiswa Semester Awal Pengguna Instagram. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 23(1), 27–40. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol23.iss1.art3
Liang, S. (2021). Kecenderungan Perilaku Narsistik Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram. Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 32–41. https://doi.org/10.33508/exp.v9i1.2881
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnalilmiahsociety/article/download/38118/34843/81259
Listyowantira, E. A. K., & Ardi, R. (2018). Pemburu “Like” : Efek Narsisme Dan Kebutuhan Rekognisi Pada Pengguna Instagram. Jurnal Ecopsy, 5(3), 138–148. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i3.5149
Mahendra, B., Communications, M., & Security, G. P. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instgram. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 151–160. www.frans.co.id
Martiani, H. T., Hadiwinarto, H., & Herawati, A. A. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Instagram Dengan Perilaku Narsisme Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu Serta Implikasinya Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling. Triadik, 19(2), 10–17. https://doi.org/10.33369/triadik.v19i2.16455
Mawikere, L. M., Morasa, J., Ekonomi, F., Ratulangi, U. S., & Utara, S. (2022). PENGARUH PERAN PERANGKAT DESA DAN KOMPETENSI APARAT DESA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA Lidia M. Mawikere, Jenny Morasa. Jurnal Syntax Admiration, 3(12).
Milawati, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Instagram terhadap Perilaku Narsisme Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/17107
Murisal, M., Muhammad, M., Mardeni, M., & Maiseptian, F. (2023). Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Narsis Mahasiswa Uin Imam Bonjol Padang. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(5), 500–514. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.158
Muslimin, K., & Yusuf, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Perilaku Narsisme Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal An-Nida, 12(2), 140–146. ejournal.unisnu.ac.id
Nugroho, M. P. D., & Panjaitan, B. S. (2021). Motif Mendengarkan Podcast Raditya Dika Di Spotify Terhadap Kepuasan Pendengar Mahasiswa Akmrtv Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 22–34.
Nurmawati, N., & Fariani, D. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kecendrungan Perilaku Narcisstict Remaja Akhir Di Kota Manado. JSR - Jurnal Sains Riset, 13(2), 10819–10825. https://doi.org/10.47647/jsr.v10i12
Putri, L. H. (2021). Perilaku Narsisme dan Harga Diri Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Siswa SMA. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 49–73. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7806
Rafi, S. Y., Hamzah, R. E. E., & Pasaribu, M. (2021). Pengalaman Komunikasi LGBT Genarasi Z Melalui Media Sosial. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.32509/petanda.v4i1.1841
Rahmawati, D., Kristanto, T., Setya Pratama, B. F., & Abiansa, D. B. (2022). Prediksi Pelaku Perjalanan Luar Negeri Di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 338–343. https://doi.org/10.47065/josh.v3i3.1507
Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi Sampel Variabel dalam Penelitian Kedokteran (M. Nasrudin (ed.)). NEM - Anggota IKAPI.
Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953
Sarwono, J. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Menggunakan SPSS (Turiyanto (ed.)). Penerbit Gava Media.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Silalahi, H., Sibarani, Y., & Marbun, K. B. (2023). Fenomena narsis beragama di media sosial: Sebuah analisis-reflektif Matius 6:1. Kurios, 9(1), 148–157. https://doi.org/10.30995/kur.v9i1.566
Singh, S., Farley, S. D., & Donahue, J. J. (2018). Grandiosity on display: Social media behaviors and dimensions of narcissism. Personality and Individual Differences, 134(March), 308–313. https://doi.org/10.1016/j.paid.2018.06.039
Suwantik;Diansyah. (2022). Pengaruh Efisiensi Proses Bisnis Dan Keluasan Pangsa Pasar Terhadap Keputusan Berjualan Online Yang Dimod. Media Studi Ekonomi, 25(2), 4810–4814.
Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count dengan Metode Stratified Random Sampling dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. UNNES Journal of Mathematics, 7(1), 108–119.
Utomo, M. P. (2023). Facebook Sebagai Media Promosi Situs P-Store . Net ( Studi Kasus : Pt . Trijaya Digital Grup ) Facebook Sebagai Media Promosi Situs P-Store . Net ( Studi Kasus : Pt . Trijaya Digital Grup ) (Vol. 24, Issue 2).
Wibowo, W. P., Arnani, N. P. R., & Rini, H. P. (2023). Kecenderungan Perilaku Narsistik pada Remaja Putri Pengguna Instagram. Journal of Education for All, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i2.28
Wijaya, R., & Putranto, A. (2023). Instagram dalam Perspektif Kapitalisme Lanjut. Jurnal Mahardika Adiwidia, 2(2), 93–102. https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v2i2.1729
DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: petanda@jrl.moestopo.ac.id





.jpg)


