Pemanfaatan Co-Creation oleh Jenis Co.Create sebagai Strategi Pengembangan Produk Perbankan Digital Jenius
Abstract
Sektor teknologi dan informasi yang berkembang menyebabkan tumbuhnya financial technology atau fintech di Indonesia. Salah satu penggebrak pada ranah fintech adalah Bank BTPN dengan produk mobile banking Jenius. Dalam pengembangan produknya, Jenius mengembangkan wadah Jenius Co.Create dimana mereka dapat mewadahi kolaborasi ide, inspirasi dan kreativitas mengenai pengembangan industri fintech masa depan yang dapat masukan bagi pengembangan mobile banking Jenius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara narasumber dan kajian konsep mengenai co-creation serta consumer empowerment. Diperoleh kesimpulan bahwa Jenius melalui Jenius Co.Create sejauh ini sudah mengimplementasikan model DART dalam penggunaan ko-kreasi pada produknya. Adapun dengan interaksi yang terbentuk pada Jenius Co.Create maka secara otomatis terbentuk sebuah online community di antara para pengguna website.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Kartika, Dominica A. Widyastuti. Pengaruh Kemudahan (Perceives Ease of Use) Terhadap Minat Ulang Penggunaan Aplikasi Mobile Banking Jenius. Jakarta: Universitas Bakrie.
Anwar, Ahmad Khoirudin. Kajian Value Co-Creation Sebagai Strategi Pengembangan Produk Kelompok Usaha Bersama Zocha Garut Menggunakan Model THE DART. Bandung: Universitas Telkom
https://dailysocial.id/post/jenius-co-create-diluncurkan-untuk-libatkan-nasabah-dalam-pengembangan-produk
https://www.jenius.com/en/jadi-bagian-dari-jenius-co-create/
https://www.hipwee.com/feature/kini-hadir-jenius-co-create-sebagai-wadah-kolaborasi-ide-meningkatkan-pengembangan-anak-muda/
https://keuangan.kontan.co.id/news/ojk-jumlah-bank-tahun-depan-akan-berkurang
https://www.finansialku.com/apa-itu-industri-financial-technology-fintech-indonesia/
https://www.finansialku.com/definisi-fintech-adalah/
http://infobanknews.com/luncurkan-jenius-btpn-investasi-rp500-miliar/
https://www.btpn.com/id/berita-media/peristiwa?content=5605&active=archive&page=1
https://tirto.id/selamat-datang-era-digital-layanan-perbankan-ctTB
Kristiadi, Hartoyo, Yusuf, Sukandar. (2017). Pemodelan Online Community Relationship Management dalam Pembentukan Value Co-Creation di Industri Broadband Telekomunikasi Selular Indonesia. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Labrecque, I. L., Esche, J. v., Mathwick, C., Novak, T. P., & Hofacker, C. F. (2013). Consumer Power: Evolution in the Digital Age. Journal of Interactive Marketing, 257-269.
Prahalad, C.K., Venkat Ramaswamy. (2004). Co-creating Unique Value with Customer. Amerika: Emerald Group Publishing Ltd.
Suriosasti, Arila. (2012). Analisis Pengaruh Pengalaman Komunitas Online Terhadap Sikap Produk, Perusahaan dan Kualitas Pelayanan yang Dipersepsikan. Depok : Universitas Indonesia
DOI: https://doi.org/10.32509/jhm.v1i2.828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :