TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN TELEDENTISTRY DI RSGM YARSI
Abstract
Latar belakang: Wabah COVID-19 yang melanda dunia terutama Indonesia semenjak 2 tahun terakhir. Wabah ini telah dianggap sebagai salah satu pandemik terburuk yang mempengaruhi kehidupan manusia. Wabah ini memengaruhi kehidupan manusia terutama pada bidang kedokteran gigi. Penyebaran virus terjadi dari orang ke orang lain melalui droplet saat berbicara, bersin, dan batuk. Tingginya penularan penyakit ini dari droplet menimbulkan kekhawatiran masyarakat dan dokter gigi akan tertularnya virus ini sehingga teledentistry merupakan pilihan yang dapat dilakukan untuk konsultasi jarak jauh. Pelayanan teledentistry salah satunya terdapat di RSGM YARSI. Indikator keberhasilan penggunaan pelayanan teledentistry adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan hasil penilaian pasien terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tujuan: Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pada pelayanan teledentistry di RSGM YARSI. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Responden pada penelitian ini yaitu 72 pasien di RSGM YARSI. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil: Berdasarkan uji Chi-Square, didapatkan hasil kepuasan pasien pada pelayanan teledentistry tinggi dan berdasarkan variabel pendidikan, komunikasi, dan media terhadap tingkat kepuasan pasien pada pelayanan teledentistry didapatkan hasil signifikan (P<0,05). Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien pada pelayanan teledentistry di RSGM YARSI tinggi yaitu sebanyak 97,3% merasa puas dan dari uji chi-square pendidikan, komunikasi, dan media berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien pada pelayanan teledentistry di RSGM YARSI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Balasubramanian, D. S., Kalaskar, D. R., & Kalaskar, D. A. (2021). The new normal of paediatric dental practice post COVID-19: A review. International Journal of Applied Dental Sciences, 7(2), 106–110.
Lucaciu, O., Tarczali, D., & Petrescu, N. (2020). Oral healthcare during the COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 1 5(4), 399–402.
Dharsan, R., Brundha, M. P., Lesile Rani, S., & Geetha., R. (2020). Teledentistry: A Review. Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 733-741.
Giudice, A., Barone, S., Muraca, D., Averta, F., Diodati, F., Antonelli, A., & Fortunato, L. (2020). Can Teledentistry improve the monitoring of patients during the Covid-19 dissemination? A descriptive pilot study. International Journal of Environmental Research and Public Helath, 17(10), 3399.
Negucioiu M, Bucur A, Lucaciu O, Soanca A, & Roman A. (2022). Management of SARS-CoV-2 transmission in emergency dental settings: current knowledge and personal experience. Disaster Med Public Health Prep, 16:1604-1611.
Abbas, B., Wajahat, M., Saleem, Z., Imran, E., Sajjad, M., & Khurshid, Z. (2020). Role of Teledentistry in COVID-19 Pandemic: A Nationwide Comparative Analysis among Dental Professionals. European journal of dentistry, 14(1), 116–122.
Putri, Triniti Apsari Weca, dkk. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bentuk Aplikasi untuk Konsultasi Gigi secara Online (Teledentistry) di Kalangan Generasi Z pada Era Society 5.0. Webinar Nasional Pekan Ilmiah Pelajar,2(2).
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Sekretariat Jenderal. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Jampani, N. D., Nutalapati, R., Dontula, B. S. K., & Boyapati, R. (2011). Applications of teledentistry: A literature review and update. Journal of International Society of Preventive and Community Dentistry, 1(2), 37–44.
Ghai S. (2020). Teledentistry during COVID-19 pandemic. Diabetes & metabolic syndrome, 14(5), 933–935
Hariyanti, Ninuk, dkk. (2022). Teledentistry and Online Referral System in Indonesiaa Perimary Health Care Center During the COVID-19 Pandemic: A Narrative. Journal of International Society of Preventive and Community Dentistry, 12(4), 385-392.
Novitasari, D., Lismayanti, L. dan Rosmiati (2019). The Relationship of Nursing Services with A Level of Satisfaction of Patients in Room Dahlia Hospitals Banjar. Jurnal Kesehatan, 6, 20–28.
Rivai, F., Lestari, S. dan Shaleh, K. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(1), 38-47.
Barata, A.A. (2020). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex media Komputindo.
Sihaloho, N.S.R.U dan Irma, H. (2017). Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mitra Keluarga. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 7(2), 239-247.
Oroh, M.E. dan Pondaag, L. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(2), 4.
Gunarsa S. (2012). Psikologi Keperawatan. Jakarta: Penerbit Libri.
Faridah, I., Afiyanti, Y. dan Basri, M.H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dipuskesmas Periuk Jaya Tahun 2020. Journal Kesehatan, 9(2), pp. 1–92
Kotler, P dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi 13, Jakarta: Erlangga.
Jacobalis S. (2020). Kumpulan Tulisan Terpilih tentang Rumah Sakit Indonesia dalam Dinamika Sejarah, Transformasi, Globalisasi, dan Krisis Nasional. Jakarta: Yayasan Penerbitan IDI.
Pandoh, E.M., Tucunan, A.A. dan Rumayar, A.A. (2020). Hubungan antara komunikasi dokter pasien dengan kepuasan pasien rawat inap di Siloam Hospitals Manado. Jurnal KESMAS, 7(4), 1–9.
Silaen, D.J.A. dan Alferraly, I. (2019). Hubungan komunikasi efektif dokter-pasien terhadap tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan medik. Intisari Sains Medis, 10(2), 334–337.
Putra, P.A dan I Gusti N.P.S. (2021). Sinergi Halodoc dalam Mutu Pelayanan Rumah Sakit di Masa Pandemi COVID 19. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 10(4), 211-222.
DOI: https://doi.org/10.32509/jitekgi.v20i1.3278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah dan Teknologi Kedokteran Gigi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.