KOMUNIKASI DALAM MEMPERTAHANKAN IDENTITAS BUDAYA MAHASISWA PERANTAU PADA KEBUDAYAAN BARU

Hendri Prasetya

Abstract


Kajian atas kebudayaan sering kali memberikan gambaran realitas kehidupan masyarakat dengan keunikan dan nilai-nilai tidak terduga yang juga berarti menuntut kesediaan pengamatnya untuk memahami dari sudut pandang yang berbeda. Demikian halnya dengan perubahan fenomena mencolok pada abad 21 yang salah satunya adalah semakin hilangnya batasan dan hambatan kewilayahan yang kemudian berujung pada maraknya perpindahan sebuah kebudayaan menyusuri wilayah-wilayah baru. Era kehidupan baru yang menunculkan globalisasi membuahkan beragam bentuk differensiasi, mobilitas, komunikasi dan interansliasi berbagai nilai. Seiring dengan perubahan berbagai aspek kehidupan dengan beragam kemudahan mobilitas masyarakat mendorong perkembangan dan pergerakan individu atau masyarakat. Pergerakan masyarakat ini berarti juga sebuah mobilisasi nilai-nilai kebudayaan yang melekat pada dirinya. Identitas dan nilai budaya asal ini akan menjadi peta pemaknaan utama dan pertama ketika mereka tiba pada lingkungan sosial budaya yang baru. Bersamaan dengan itu, budaya lokal akan menjadi nilai-nilai dominan yang juga mengarahkan individu pendatang memaknai dengan cara yang berbeda. Dengan kata lain, hal ini menyangkut mengenai dengan cara apa individu mempertahankan identitas kebudayaan dan melakukan serangkaian pola adaptatif pada budaya lokal.


Keywords


communication, identity and culture value, local culture

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. Pokoknya Kualitatif. Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya. 2002 Bajari, Atwar, Sahala Tua Saragih.. Komunikasi Kontekstual. Teori dan Praktik Komunikasi Kontemporer. Bandung: Remaja Ros

WACANA, Volume XVI No. 1, Juni 2017, hlm. 001 - 170

daKarya. 2010 Blumer, Herbert. Symbolic Interactionism. Perspective and Method. CA: Prentice-Hall. 1969. Bogdan, Robert & Steven J. Taylor. Introduction to Qualitative Research Methods. The Phenomenological Approach To The Social Science. Canada : John Wiley & Sons.1975. Burgoon Judee K. david B. Buller. W.Gill Wooddall. Nonverbal Communication: The Unspoken Dialogue. New York.Harper & Row Publisher. 1989. Collin, Finn. Social Reality. London: Routledge.1997. Cresswell, John.W. Research Design Pendekatan Klualitatif dan Kuantitatif. Terjemahan Nur Khabibah. Jakarta :KIK Press.2000.

DeVito, Joseph. Interpersonal Communication Book 12nd Ed. Boston: Pearson. 2009. Kuswarno, Engkus. Fenomenologi. Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitian. Bandung : Widya Padjajaran. 2009. Littlejohn, Stephen & Karen A. Foss. Theories of Human Communication. Belmont: Thompson and Wadsworth. 2008. --------------, Encyclopedia of Communication Theory Vol. 1&2 .CA: Sage Publishing. 2009 Samovar, Larry A. Richard E Porter. Communication Between Cultures, USA: Wadsworth Cengage Learning. 2009. Ting, Toomey, Stella. Communication Across Culture. New York: The Guilford Press. 1999.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.