KOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Periode emas bagi perkembangan anak nampaknya masih banyak kurang diperhatikan dan dipahami oleh sebagian
masyarakat kita. Akibatnya berdampak terhadapm kesiapan anak memasuki jenjang persekolahan. Periode kritis
iuni memerlukantiga pilar utama yaitu gizi, kesehatan, dan pendidikan. Ketiga aspek ini besar pengaruhnya
terhadap kualitas anak dikemudian hari. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya gizi dan kesehatan untukn
pengingkatan kualitas anak nampaknya jauh lebih baik dari pada kesadaran untuk pentingnya pendidikan.
Hasil-hasil penelitian menyimpulkan bahwa perkembangan intelektual terjadi sangat pesat paea tahun-tahun awal
kehidupan anak. Dalam hal ini tiga tahun pertama sangat menentukan bagi perkembangan selanjutnya. Banyak
pakar mengingatkann bahwa masa dini adalah masa keemasan bagi perkembangan kecerdasan anak. Salah satu
hasil penelitian yang dilakukan oleh Benyamin S. Bloom yang diperkuat oleh U. Sihombing (2001 p.2) adalah
bahwa pada usia 4 tahun kapasitas kecerdasan anak sudah mencapai 50% dan pada usia 8 tahun bertambah
menjadi 80%. Kemudian sisanya sekitar 20% terjadi pada masa duapuluhan tahun dikala anak menginjak dewasa.
Pembinaan terhadap tumbuh kembang anak pada masa dini bersifat komplek dan multidimensi. Pembinaa anak
secara utuh tidak bisa lepas dari tiga aspek utama yaitu perawatan dan perlindungan kesehatan, pemberian makanan
dan gizi yang cukup, serta pengasuhan dan pendidikan sesuai dengan tahap perkembangan dan potensi anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Johnson, D>W. Reaching Out, Interpersonal
Effectiveness An Sself-Actualization Eaglewood
Cliffs, Prentice-Hall 1981.
A. Supratiknya, Komunikasi Antarpribadi, Penerbit
Kanisius, 1995
W.S. Gerungan, Psikologi Sosial, PT Eresco Bandung
Alo Liliweri, M.S., Komunikasi Antarpribadi, PT Citra
Aditiya, Bandung, 1998.
SEmiawan,tainment, 21 Maret 1998.
_____ Acuan Menu Pembelajaran pada Anak Dini
Usia (Menu Pembelajaran Generik).Direktorat
PADU, Jakarta, 2002.
_____Kompetensi Dasar Pendidikan Anak Dini Usia,
Lahir --- 3 tahun, Depdiknas, Jakarta, Agustus
____Kompeensi Dasar Pendidikan Anak Dini Usia 4-6
tahun, Depdiknas, Jakarta, Agustus 2002.
Prinsip-Prinsip P endidikan RAsulullah oleh Prof.M.
Alawy Al Maliki.
Mala, Akil Gizi untuk Perkembangan kecerdasan anak
dini usia, Seminar Sehari Stimulasi Otak untuk
Perkembangan Kognitif dan Pembentukan Budi
Pekerti Anak Dini Usia. Makasar 16 September
Gardner, Howard. Multiple Intellegences. The Theory
in Practice. New York Basic Book. 1993.
Harlock, Child Development. NY Mc Graw Hill. 1978.
HBaihaqi A.K. Prof. DR. H.endidik Anak dalam
Kandungan. Jakarta Darul Ulum Press,2001.
Banker, Walter, Ph.D.hildhood Care Education. The
Challenge Livia Bernard Van Leer, 1987.
Bredekamp, Sue.Cople, Carol 1997.elopmentally
Appropriate Practice inhildhood Programs,
Washington DC. NAEYC, Publication.
Sihombing, U. dkk (Ed)Prosiding Pengembangan
Anak Dini Usia Komprehensif Jakarta: Penerbit
Wirakarsa, 1998.
Esa, E. Introduction to Early Education. Albany. N>Y:
Delmar 1996.
Ayahbunda, Tahun Pertama yang menentukan (Edisi
Khusus), Jakarta: Gaya Favorit Press, 2002.
Depdiknas, Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Dini Usia.
Edisi Perdana, Jakarta, Direktorat PADU, 2002.
Semiawan, Conny.R. Pendidikan Keluarga dalam Era
Global, Jakarta, Prenhalido, 2002.
Yayasan Kita dan Buah Hati. Penelitian tentang
Kesejehateraan Anak., Jakarta Menteri
Stanley Greenspan. The Effect Diathesis Hypothesis,
The Role of Emotions in the core. Defisit in
Autisda The Development Intelegence and
Social Skills Journal of Developmental and
Learning Disoredrs, Vol 5 Hal 46:2001.
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v14i3.117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.