DIGITAL TOURISM MUSEUM NASIONAL INDONESIA MELALUI VIRTUAL TOUR DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adryamarthanino, V. (2021). Sejarah Museum Nasional Indonesia. Kompas.Com. https://www.kompas.com/stori/read/2021/06/15/190000079/sejarah-museum-nasional-indonesia?page=all
Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan (Studi kasus pada Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 204–208. http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/14891/7918
Daryanto. (2014). Teori Komunikasi. Gunung Samudera.
Haryadi, T. (2018). Adaptasi Teori Difusi-Inovasi Dalam Game “Yuk Benahi” Dengan Pendekatan Komunikasi Smcr. Jurnal Audience, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.2678
Imran, H. A. (2015). Penelitian Komunikasi Pendekatan Kualitatif Berbasis Teks. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 19(1), 129–139. https://doi.org/10.31445/jskm.2015.190109
Karyono. (2010). Pemanfaatan Museum Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Prasejarah Bagi Guruguru Sma Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 14(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/16/9
Kemendikbud. (2021). Statistik Kebudayaan 2021. In Kemendikbud. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_CC4179A6-B4FF-4E0C-809B-5CADD9132AB5_.pdf
Kotler, N. G., Kotler, P., & Kotler, W. I. (2008). Museum Marketing and Strategy: Designing Missions, Building Audiences, Generating Revenue and Resources. John Wiley & Sons, Inc. http://books.google.com/books?id=nQgTAQAAMAAJ&pgis=1
Kunjungan Museum Rendah, Ini Salah Satu Solusinya. (2020). Warta Ekonomi. https://www.wartaekonomi.co.id/read317582/kunjungan-museum-rendah-ini-salah-satu-solusinya
Mayasari, S., & Indraswari, C. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat. Jurnal Komunikasi, 9(2), 190–196. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/4326
Mousavi, S. S., Doratli, N., Mousavi, S. N., & Moradiahari, F. (2016). Defining Cultural Tourism Seyed. International Conference on Civil, Architecture and Sustainable Development (CASD-2016), 1(2), 70–75. https://iicbe.org/upload/8607DIR1216411.pdf
Musthofa, B. M. (2019). Strategi Adaptasi Destinasi Wisata Budaya di Era Disrupsi Teknologi. Jurnal Studi Pariwisata, 12, 421–426. http://ojs.uho.ac.id/index.php/snt2bkl/article/view/9877/7109
Neuman, W. L. (2016). Metodologi Penelitian Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif - W Lawrence Neuman Edisi 7. PT Indeks.
Prasetya, H. (2013). VIRTUAL ETNOGRAPHY (Kajian Etnografi Komunikasi Pada Media Sosial Di Indonesia). WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 7(4), 355–371. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/118
Prasodjo, T. (2017). Pengembangan Pariwisata Budaya dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jurnal Office, 3(1), 7–12. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3448
Ramadhian, N. (2020). Saatnya Virtual Traveling, 16 Museum Digital Indonesia yang Bisa “Dikunjungi.” Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2020/03/17/220300227/saatnya-virtual-traveling-16-museum-digital-indonesia-yang-bisa-dikunjungi?page=all
Rusmiarti, D. A. (2015). Analisis Difusi Inovasi Dan Pengembangan Budaya Kerja Pada Organisasi Birokrasi. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 6(2), 85–100. https://media.neliti.com/media/publications/233782-analisis-difusi-inovasi-dan-pengembangan-03191809.pdf
Salam, N. E., & Nurjanah. (2019). Komunikasi Pariwisata Budaya Dalam Mempromosikan City Branding “Siak the truly Malay.” 4(1), 134–154. http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/22235/11430
Santoso, W. M. (2016). Ilmu sosial di Indonesia: Perkembangan dan tantangan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Schweibenz, W. (2019). The virtual museum: an overview of its origins , concepts, and terminology. The Museum Review, Volume 4, Number 1, 4(1), undefined-undefined. http://articles.themuseumreview.org/tmr_vol4no1_schweibenz%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/335241270_The_virtual_museum_an_overview_of_its_origins_concepts_and_terminology
Sinurat, H., Silvia, I., & Sabrin. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Berkunjung di Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara. Message: Jurnal Komunikasi, 9(Vol 9 No 1 (2020): AGUSTUS), 62–71. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/messageilmukomunikasi/article/view/681
Small, Z. (2019). A New Definition of “Museum” Sparks International Debate. Hyperallergic.Com. https://hyperallergic.com/513858/icom-museum-definition/
Sutjipto, A. M., & Pinariya, J. M. (2019). Pengenalan Vaksinasi Hpv Oleh Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks Dengan Pendekatan Teori Difusi Inovasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.910
Syarifuddin, Syahrial, Z., & Suparman, A. (2017). International journal of multicultural and multireligious understanding virtual museum: A learning material of Indonesia national history. 4(6), 51–60. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v4i6.96
Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. In UTM PRESS Bangkalan - Madura.
Wulandari, Y. F., Caesariano, L., Murtiadi, & Bastian, Y. (2021). Virtual Tour Sebagai Media Komunikasi Digital Dalam Pelayanan Museum Kehutanan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Media Penyiaran, 01(01), 9–15. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/389
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1616
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.