PEMAHAMAN DOSEN UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG TENTANG MAKNA HOAX DI MEDIA SOSIAL WHATSAPP

Neni Yulianita, Nurrahmawati Nurrahmawati, Tresna Wiwitan

Abstract


Penelitian yang difokuskan pada pertanyaan: Bagaimana Strategi Antisipasi dan Solusi Penyebaran Hoax Di Kalangan Dosen Universitas Islam Bandung. Untuk mengkaji permasalahan tersebut, tim peneliti menetapkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan yang dijadikan narasumber adalah para dosen Universitas Islam Bandung dan mereka yang aktif menggunakan dan memanfaatkan media sosial khususnya WhatsApp (WA) baik di group dosen fakultasnya masing-masing, group universitas, pertemanan, organisasi, dan lain-lain yang terdiri dari 6 orang dosen di lingkungan Universitas Islam Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dosen Unisba yang dijadikan narasumber tentang Hoax di media sosial WhatsApp (WA) secara prinsip memiliki kesamaan makna yakni cenderung memandang hoax adalah dalam kacamata yang sangat negatif. Hoax dapat berbentuk gambar, berita, verbal, dan hoax link.


Keywords


Hoax, Media Sosial, WhatsApp

Full Text:

PDF

References


Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Errissya Rasywir dan Ayu Purwarianti. 2015. Eksperimen pada Sistem Klasifikasi Berita Hoax Berbahasa Indonesia Berbasis Pembelajaran Mesin. Jurnal Cybermatika. Vol. 3 No. 2, Desember 2015.

Littlejohn, Stephen W., and Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rahadi, Dedi Rianto. 2017. Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JMDK). Universitas Merdeka Malang. Vol. 5 No. 1 Tahun 2017.

Smith, Jonathan A. (ed.). 2009. Psikologi kualitatif: Panduan praktis metode riset. Terjemahan dari Qualitative Psychology A Practical Guide to Research Method. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yulianita, Neni. 2016. Etika Bicara Baik di Media Sosial. Dalam Indonesia Bicara Baik; Bunga Rampai Komunikasi dan Humas. Bandung: Pelangi Mitra Sukses.

h t t p : / / a f a n d i 4 1 8 0 8 0 4 7 . w o r d p r e s s .com/2011/12/08/enam-jenis-media-sosial/

http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/hoax#translations, diakses tanggal 14 Maret 2017

https://kbbi.web.id/paham, diakses tanggal 24 Agustus 2017

h t t p : / / w w w . b b c . c o m / i n d o n e s i a /majalah/2016/02/160202_majalah_bisnis_whatsapp, diakses tanggal 28 November 2016

http://www.hoaxbusters.org/hoax10.html, diakses tanggal 30 Juni 2017

http://www.mastel.id/release-hasil-survey-mastelapjii-2016, diakses 7 Juni 2017




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.