CUSTOMER RETENTION MARKETING BLUE BIRD DALAM MEMPERTAHAN LOYALITAS PELANGGAN

A Judhie Setiawan, Tyas Puji Rahayu

Abstract


Persaingan jasa transportasi umum Indonesia terutama taksi di Ibukota semakin ketat. Hal ini dikarenakan munculnya berbagai jenis jasa transportasi maupun jasa aplikasi transportasi online. Masing-masing perusahaan berlomba berinovasi dalam bentuk produk dan layanan dengan cara dan inovasi yang berbeda-beda. Persaingan promosi saat ini juga terbilang sengit, karena masing-masing perusahaan menawarkan tawaran jasa, produk, layanan, dan harga yang beragam dan menarik. Bagi penginovasi raksasa di bidang transportasi darat, melakukan inovasi baik berkelanjutan maupun disruptif menjadi realistis, mengingat segala kekuatan yang dimiliki oleh para pelaku bisnis transportasi darat. Inovasi disruptif pada bisnis transportasi darat tidak harus ditentukan dari kecanggihan teknologi yang digunakan untuk menciptakan keunggulan performa, akan tetapi inovasi disruptif juga ditentukan dari harga yang ditawarkan merusak harga pasar dan harga pesaing. Hal ini dapat dilihat dari belum adanya regulasi pemerintah mengenai tarif atas dan tarif bawah untuk bisnis tranportasi darat. Pentingnya pemerintah menentukan batas atas dan batas bawah karena batas bawahnya untuk melindungi kompetisi biar tidak semena-mena, dan batas atasnya untuk melindungi masyarakat. Pada faktanya, Grab, Gojek dan Uber dapat memberikan harga semurah mungkin dan ada saatnya juga mereka memberikan harga yang sangat tinggi.

Keywords


Komunikasi Pemasaran, Customer Retention

Full Text:

PDF

References


Barnes, James G., Build Your Customer Strategy: a Guide to Creating Profitable CRM, 2006

Buttle, Francis, Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan). Concept and Tools: Bayumedia Publishing, 2007

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Principles of Marketing. Tenth Edition, New Jersey: Pearson Education, Inc. 2004

Mercer, Customer Retention Progremmes in The Automotive Industry (A Mars & Mc Lnnan Company). 2002

Panuju, Redi, Komunikasi Bisnis. 2002

Tunggal, Amin Wijaya, Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) Konsep dan Kasus. Harvarindo. 2008

Wilson, Gerald L., Interpersonal Communication. WCB Brown & Benchmark Publishers, USA, 2001




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.