SOCIAL MARKETING DAN PUBLIC RELATIONS Sebuah Pendekatan dalam Perubahan Perilaku Terencana
Abstract
Banyak orang beranggapan bahwa public (PR) identik dengan publisitas, propaganda dan iklan gratis. Anggapan ini muncul karena biasanya aktivitas PR, terutama di lembaga-lembaga pemerintah, mempublikasikan kebijakan-kebijakan pemerintah. PR juga sering dipakai oleh banyak perusahaan untuk memenangkan persaingan baik melalui berita maupun iklan. Karena iklan harus dibayar, maka berita tentang perusahaan sering dianggap iklan gratis. Tampaknya tugas PR di sini sekedar menjaga hubungan baik dengan media massa. Selain itu ada juga yang menyamakan PR dengan hubungan pribadi dan pekerjaan menjual senyum. Walaupun para praktisi PR perlu mengembangkan hubungan pribadi dan keramahtamahan, tetapi hal ini bukan PR
Full Text:
UntitledReferences
Andreasen, Alan R. 1995. Marketing Social Change: Changing Behavior to Promote Health, Social Development, and the Environment. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers. Gaedeke, Ralph M. 1977. Marketing in Private and Public Nonprofit Organizations : Perspectives and Illustrations. California: Goodyear Publishing
Company, Inc. Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti. Newsome, Doug & Bob Carrell. 1995. Public Relations Writing: Form & Style. Fourth Edition. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company. Rice, Ronald E. & Charles K. Atkin Tahun (?). Public Communication Campaigns. Second Edition. London: Sage Publications. White, John & Laura Mazur 1995. Strategic Communications Management: Making Public Retetions Work. England: Addison-Wesley Publishing Company.
lnstruktur Bahasa Rusia di Pusat Bahasa Hankam, Departemen Pertahanan dan Keamanan RI, dari Tahun 1990 - 1997.
Staf Operasional Pengajaran di Pusat Bahasa Hankam, Departemen Pertahanan dan Keamanan RI, dari Tahun 1994 - 1995
Kepala Siaran TNI di TVRI dari Tahun 1995-1997
Dosen tetap di Fakultas llmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta, dari Tahun 1998 - sekarang.
Dosen luar biasa di Sekolah Tinggi llmu Ekonomi Tri Sakti Jakarta, dari Tahun 2000 - sekarang.
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v4i2.203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.