APRESIASI FILM

Ida Fariastuti

Abstract


Apresiasi seni berarti penghargaan terhadap kehadiran sebuah karya seni. Apresiasi dibedakan dengan kritik seni. Kritik seni bertolak dari apresiasi, tetapi pada prinsipnya kritik seni menelaah suatu karya seni secara menyeluruh dan mendalam Suatu tinggi rendahnyaapresiasi tegantung dengan pemyataan suka dan tidak suka atau menerik dan tidak menarik yang muncul dalam apresiasi, kemudian akan dirumuskan dengan tegas danje/as beserta alasan-alasannya. Kritik seni selalu slap dengan perangkat-perangkat teori untuk rnelakukan suatu sorotan kritik. Perangkat teori menyebabkan kritik seni memiliki aliran-aliran kritik. Kritik seni dilakukan oleh kritikus seni, yaitu para profesional yang menekuni bidang kritik seni. Kritikus memuat kritikannya di koran-koran, majalah-majalah, atau menulis telaah-telaah seni dalam bentuk buku. Semakin profesional seorang kritikus semakin terbuka kemungkinan ia menjadi kritikus yang berwibawa. Kritikus yang suaranya didengar oleh para seniman maupun masyarakat luas Apresiasi akan dilakukan oleh orang terlebih dahulu ingin mengenal bagaimana sebuah karya seni diwujudkan baru kemudian memberikan penghargaan. Jadi aparesiasi seni merupakan langkah awal menuju kritik seni.


References


Amelio, Ralph J.1971. Film in The Classroom. Standard Publising. Ohio.

Biran, H. Misbach Yusa, penyunting. Kamus Kecil lstilah Sinematografi.YayasanCitra. Jakarta.

Boggs, Joseph M. 1978. The Art of Watching Film. The Benjamin/ Cummings Publising Company, Inc. California.

Bone, Jan, & Ron Johnson. 1991. Undertaking the Film : An Introduction to The Film Appreciation.NationalText Book Company, fourt edition. Illinois.

Dale, Edgar. 1991. How to Appreciate Motion Pictures. Arno Press & The New York Times. New York.

Fulton, AR. 1970. Motion Pictures: The Development ot an Art from Silent Films to the Age of Television. University of Oklahoma Press, fouth edition. Oklahoma. Katz, Ephraim. 1990. The Film Encyclopedia. Perennial Library, Publishers. New York. Lindgren, Ernest. 1974. The Art of The Film. Collier Books. New York




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v2i8.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.