Analisis Resepsi Imperialisme Budaya Dalam Film Seri Korea
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
@kdrama_menfess. (2022). Akun Fanbase k-drama Indonesia. Twitter.com. https://twitter.com/kdrama_menfess
@NetflixID. (2022). Teaser Poster Squid Game Season 2. Twitter.com. https://twitter.com/NetflixID/status/1536015651017482240
Angela, M., & Winduwati, S. (2020). Representasi Kemiskinan dalam Film Korea Selatan (Analisis Semiotika Model Saussure pada Film Parasite). Koneksi, 3(2), 478. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6480
Aprianti, R. (2015). EKONOMI POLITIK MEDIA KOMODIFIKASI PEKERJA DALAM INDUSTRI MEDIA HIBURAN INDONESIA. Wardah, 14(1), 87–101. https://doi.org/10.19109/WARDAH.V14I1.249
Ardia, V. (2014). Drama Korea dan Budaya Popular. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 12–18. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/LONTAR/article/view/337
Ardian, H. Y. (2018). Komunikasi Dalam Perspektif Imperialisme Kebudayaan. Jurnal Perspektif Komunikasi UMJ, 1(1), 17–30.
Barker, C. (2005). Cultural Studies: Teori dan Praktik (Tim Kunci Cultural Studies Center (penerj.)). Bentang Pustaka.
Briandana, R. (2016). Televisi Berlangganan dan Identitas Diri: Studi Resepsi Remaja terhadap Tayangan Drama Seri Korea Decendents Of The Sun di KBS World. Jurnal Simbolika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31289/SIMBOLLIKA.V2I1.217
CNNIndonesia. (2022). Kreator Rencanakan Squid Game Season 2 Tayang 2024. cnnindonesia.com. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220406093801-220-780941/kreator-rencanakan-squid-game-season-2-tayang-2024
Flixpatrol. (2021). Squid Game on Netflix TOP 10 this week. flixpatrol.com. https://flixpatrol.com/title/squid-game/
Ghassani, A., & Nugroho, C. (2019). PEMAKNAAN RASISME DALAM FILM (ANALISIS RESEPSI FILM GET OUT). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 127–134. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619
Hall, S. (1980). Encoding/decoding. In Culture, Media, Language (hal. 128–138). Routledge.
Hardiansyah, Z. (2022). Arti Kata Menfess yang Sering Dipakai di Twitter. tekno.kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2022/03/18/14310097/arti-kata-menfess-yang-sering-dipakai-di-twitter
Indosinema. (2021). Perbedaan Film Series dan Serial, Sudah tahu belum ? - INDOSINEMA. indosinema.com. https://indosinema.com/2021/04/perbedaan-film-series-dan-serial/
Irianto, A. M. (2013). REINTERPRETASI BUDI PEKERTI DALAM KONSTELASI KEBUDAYAAN JAWA DAN JEPANG. IZUMI, 2(2), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/izumi.2.2.
Kalesaran, E. R. (2017). e-journal “Acta Diurna” Volume VI. No. 1. Tahun 2017. VI(1).
Khairunnisa, D. (2019). Budaya K-Pop Dan Kehidupan Sosial Remaja. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kumparan. (2022). Arti Menfess dan Istilah Lain yang Populer di Kalangan Pengguna Twitter. kumparan.com. https://kumparan.com/berita-hari-ini/arti-menfess-dan-istilah-lain-yang-populer-di-kalangan-pengguna-twitter-1xh7SyAcl6K/full
Larasati, D. (2022). Sutradara Menyesal Banyak “Bunuh” Karakter Penting di Squid Game. hot.detik.com. https://hot.detik.com/kdrama/d-6297629/sutradara-menyesal-banyak-bunuh-karakter-penting-di-squid-game
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D
Malik, D. D. (2014). GLOBALISASI DAN IMPERIALISME BUDAYA DI INDONESIA. Communication, 5(2), 1–16. https://doi.org/10.36080/comm.v5i2.26
Manik, C., Th, M., Pak, P., Menengah, T., Medan Johor, K., & Perjuangan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Kristen Mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Supervisi Focus Group Discussion di SMP se-Kecamatan Medan Johor. PROVIDENSI : Jurnal Pendidikan dan Teologi, 1(2), 70–84. https://journal.sttasm.ac.id/index.php/provedensi/article/view/89
Moleong, L. J. (2019). Moleong,” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung: Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosda Karya.
Muhammad Ali Mursid Alfathoni, M. S., & Dani Manesah, M. S. (2020). Pengantar Teori Film. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=%5C_G4PEAAAQBAJ
Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., & Rahmaji, F. (2020). DAMPAK KONSUMERISME BUDAYA KOREA (KPOP) DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 78–88. https://doi.org/10.23917/HUMANIORA.V21I1.8085
Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Group Discussion dalam Penelitian Kualitatif (Focus Group Discussion Technique in Qualitative Research). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 117–127.
Pertiwi, M., Ri’aeni, I., & Yusron, A. (2020). Analisis Resepsi Interpretasi Penonton terhadap Konflik Keluarga dalam Film “Dua Garis Biru.” Jurnal Audiens, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.18196/ja.1101
Puspita, Y. H., Hartanto, J., Rewindinar, lfrin, A. Y., & Marta, R. F. (2020). Telaah Wacana Imperialisme Budaya Tokusatsu Jepang melalui Iklan Marjan Versi Wayang Golek. Komunikatif, 9(1), 114–133.
Putri, K. A., & Purnomo, M. H. (2019). NUSA, Vol. 14 No. 1 Februari 2019 Karina Amaliantami Putri, Amirudin, Mulyo Hadi Purnomo, Korean Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z. 14(1), 125–135.
Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. PT Grasindo.
Roszi, J. P., & Mutia, M. (2018). Akulturasi Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Keagamaan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku-Perilaku Sosial. FOKUS: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 3(2), 171–198. https://doi.org/10.29240/JF.V3I2.667
Sari, N. (2016). Imperialisme Budaya dalam Media. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 19(3), 517359.
Schiller, H. I. (1991). Not yet the post‐imperialist era. Critical Studies in Mass Communication, 8(1), 13–28. https://doi.org/10.1080/15295039109366777
Simbar. Frulyndese K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado. Holistik, 18, 1–20.
Toni, A., & Fajariko, D. (2018). Studi Resepsi Mahasiswa Broadcasting Universitas Mercu Buana Pada Film Journalism “Kill The Messenger.” Jurnal Komunikasi, 9(2), 151–163. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.161
Wahyudi, T. (2014). Penerapan Knowledge Management Pada Perusahaan Web. Jurnal Bianglala Informatika, 2(2), 45–55.
Yunitasari. (2015). KOMODIFIKASI ANAK DALAM PENTAS BUDAYA POPULER. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(3), 266–273. https://doi.org/10.32509/wacana.v14i3.121
Zahra, F., Mustaqimmah, N., & Hendra, M. D. (2020). Kekuatan Media Digital Pada Pembentukan Budaya Populer (Studi Pada Komunitas Moarmy Pekanbaru). Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 2(2), 123. https://doi.org/10.24014/kjcs.v2i2.11119
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v22i1.2447
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.