Komodifikasi Gaya Hidup Sehat Dalam Iklan Multivitamin dan Suplemen Makanan di Tabloid Senior

Endah Murwani

Abstract


Sa/ah satu perubahan gaya hidup yang terjadi di Amerika (dan juga sedang terjadi pada masyarakat kelas menengah atas di .Indonesia) diantaranya adalah kesadaran dan kepedulian akan kesehatan dan gizi (Teddy Prawita, 2002: 146-147). Gaya hidup sehat ini misalnya diekspresikan dengan melakukan exercise dan diet dengan lebih banyak mengkomsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Fenomena ini kemudian dimanfaatkan produsen dengan meluncurkan produk minuman berserat dan dikomunikasikan sebagai produk untuk kesehatan, mulai dari melancarkan buang air, mengecilkan perut hingga menurunkan berat badan (Tabloid Marketing no 26111/13 : 1 ). Demikian pula, munculnya klub-klub kebugaran yang menawarkan program untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh, preautc sereal yang menawarkan sarapan yang mudah disiapkan dengan kandungan gizi tinggi, produk-produk multivitamin, produk susu yang menawarkan kandungan kalsium untuk menjaga tulang keropos,

produk minuman mineral, hexagonal, dsb



DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v3i12.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.