STRATEGI PROGRAMMING PADA PROGRAM HAFIZ INDONESIA 2015 RCTI UNTUK MEMPEROLEH RATING SHARE TINGGI
Abstract
Program televisi Hafiz Indonesia menampilkan anak-anak muda berbakat dalam menghafal Al-Quran. Tujuan Penelitian ini mengetahui Strategi Programing Pengemasan Program Acara Hafiz Indonesia 2015 di RCTI guna memperoleh rating share tinggi. Metode penelitian ini dengan menggunakan kualitatif, Deskriptif teori yang di gunakan yaitu Konsep Produksi Fred Wibowo. Hasilnya yaitu strategi stripping pada saat jumlah audiens besar, strategi checker boarding pada saat jumlah audiens mengalami penurunan, strategi tentpoling untuk memperkenalkan program barunya. Proses perencanaan program Hafiz Indonesia dilakukan secara bersama-sama, dimulai dari program analyst. Kegiatan pra produksi akan ditayangkan dan dimulai dengan penuangan ide atau gagasan ke dalam outline yang berisikan gambaran program suatu acara. Narasumber yang dipilih adalah orang yang memiliki kredibilitas dan mengetahui dengan pasti mengenai topik yang akan dibahas. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang konstruktif bagi pengembangan dan pengkajian ilmu komunikasi umumnya, secara praktis ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fred Wibowo. 2007. Teknik Produksi Program Televisi.Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Hertika Yudha Pratiwi, Jurnal FISIP UI 2014 Strategi Kompetisi Programming Stasiun TV Swasta Nasioal, Analisisi Terhadap RCTI dan SCTV.
Jauch, Lawrence. R dan Glueck, William 1998. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Terjemhan Murad dan Henry Sitanggang, Erlangga, Jakarta
Littlejohn,Stephen W&Foss, Karen A. 2005, Theories of Human Communication, 8th edition, USA, Thomson Wadsworth Chapter9
Loncoln dan Denzim (ed) .1994. Hand Book of Qualitative Research, Sage Publication. Thousan oaks, London.
Naratama, 2004. Menjadi Sutradara Televisi, Gramedia, Palmerah, Jakarta.
Quail, Denis. 1985.Model-Model Komunikasi. Alih Bahasa Putu Laxman Pendit. Jakarta: Uni Primas
Rusman Latief,Yusiantie Utud, Siaran Televisi Non-Drama. Kreatif, Produksi, Public Relation, dan Iklan. Kencana, Rawamangun, Jakarta 2015
Strategi Kompetisi Programming Stasiun TV Swasta Nasioal, Analisisi Terhadap RCTI dan SCTV
RCTI, Visi , Misi dan 3 Pilar Utama /2012/06/definisi-peran-dan-fungsi-mahasiswa.htmlhttp://pengertianpengertian.blogspot.com/2012/10/pengertian-kebiasaan.htmlhttp://id.wikipedia.org/wiki/Dosen
http://pls.upi.edu/index.php/pls-profil/sdm/tupoksi-plshttp://www.smkn3tarakan.net/index.php?option=com_content&view=article&id= 164:peranan-motivasi-dalam-belajar&catid=1:latest-news
(http://rcti.televisi/profile/view/2/Visi--Misi-Dan-3-Pilar-Utama diakses Juni 2015RCTI, Profile Perusahaan. (http://rcti.televisi/profile/view/1 diakses Juni 2015
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.29
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.