SEKOLAH KEJURUAN SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DJARUM FOUNDATION

Dede Sulaeman, Leila Mona

Abstract


Beroperasi di tengah ketatnya persaingan bisnis rokok, derasnya tekanan masyarakat maupun kebijakan pemerintah Djarum membutuhkan strategi bisnis yang kreatif. Program CSR Djarum Foundation dalam bentuk Program Sekolah Kejuruan (Vocational School) dipercaya menjadi salah satu strategi korporasi dalam upaya untuk bertahan bahkan mengembangkan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan program Sekolah Kejuruan Djarum Foundation, strategi komunikasi, dan legitimasi masyarakat terhadap program. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengumpulkan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Sekolah Kejuruan merupakan program CSR yang unggul, tidak mudah ditiru, dan berhasil mencapai tahap sustaining survival. Komunikasi program Sekolah Kejuruan dilakukan dengan pemilihan media, sasaran, isi pesan, dan narasumber secara efektif. Pendekatan tersebut menguatkan posisi strategis Djarum Foundation di level nasional dan internasional. Sekolah Kejuruan Djarum juga memperoleh legitimasi yang tercermin dari antusiasme masyarakat terhadap program; meningkatkan ekonomi masyarakat Kudus; dan apresiasi pemerintah baik daerah maupun pusat.


Keywords


CSR, Strategi Komunikasi, vocational School

Full Text:

PDF

References


Carroll, A.B. 1991. The Pyramid of Corporate Social Responsibility: Toward the Moral Management of Organizational Stakeholders. Business Horizons. Edisi Juli-Agustus, pp. 39-48.

Daymon, Christine and Holloway, Immy. 2008. Qualitative Research Method in Public Relation and Marketing Communication. Saduran Cahya Wiratama. Penerbit Bentang. Yogyakarta.

Ekawati, Theresia Juwita. 2012. Strategi Corporate Social Responsibility Berdasarkan Resources Based Theory (Studi Kasus: Djarum Foundation). Tesis. Universitas Indonesia. Jakarta.

Ganiem, Ambadar, dan Sukardjo. 2015. PSR (Personal Social Responsibility); Aku, Kamu, Kita Bisa. Kencana. Jakarta.

Hadam, Sampun, Rahayu, Nastiti, dan Ariyadi, Ayu Nur. 2017. Strategi Implementasi Revitalisasi SMK (10 Langkah Revitalisasi SMK). Penerbit Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Hardjana, Andre A. 2008. Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi. Jurnal Komunikasi Vol. 5, No. 1, (pp. 1-24).

Ingratubun, Adrian. 2017. Strategi Progresif CSR Perseroan Indosiar dalam Meraih Penghargaan Asia Responsibility Entrepreneurship Award. Wacana Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 16, No. 1, (hal: 84-101).

Kotler, Phillip and Lee, Nancy. 2005. Corporate Social Responsibilty: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. John Wiley and Son, Inc. New Jersey.

Mc Williams, A., and Siegel, D. 2001. Corporate Social Responsibility: A Theory of the Firm Perspective, Academy of Management Review. Vol. 26: 117-27.

Pallazo, Guide and Richter, Ulf. 2005. CSR Business as Usual? The Case of Tobacco Industry. Journal of Business Ethics, 61, pp: 387-401.

Restiyanti, Marissa. 2016. Strategi Periklanan dalam Promosi Program Bollystar Vaganza di ANTV. Wacana Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 15, No. 2, (hal: 86-180).

Sabini, Marselinus Nuba dan Ganiem, Leila Mona. 2015. Corporate Social

Responsibility Sebagai Strategi Komunikasi Bisnis Perusahaan. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Vol. 2, No. 5, (hal: 346-356).




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2022 WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.