IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KARYAWAN

Nanda Asyifa

Abstract


Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Implementasi Komunikasi Internal Dalam Membangun Loyalitas karyawan. Latar Belakang dari penelitian ini adalah membahas organisasi yaitu Range Pictures sebagai organisasi di bidang PH (Production House) orientasinya adalah bagaimana mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan penggunaan sumber daya yang terbatas. Untuk mendapatkan hasil tersebut diperlukan anggota yang mampu bertanggung jawab baik berupa material maupun non-material. Dalam kenyataannya organisasi yang dibangun bersama-sama oleh orang yang ada didalam belum bisa memberikan kontribusi yang maksimal kepada organisasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan teori Management PR dan konsep loyalitas karyawan. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif yaitu mencari teori bukan menguji teori. Pada Metode ini bebas mengamati objek dan menemukan wawasan baru. Untuk teknik pengumpulan data penulis melakukan wawancara ke beberapa pihak yang terkait dengan penelitian ini. Dari hasil kesimpulan penelitian ini adalah Pimpinan organisasi selaku fungsional PR belum melaksanakan fungsinya secara optimal. Kendalanya pada pendidikan dan pelatihan karyawan atau SDM untuk meningkatkan loyalitas karyawan.

Keywords


Komunikasi Internal, Organisasi, Hubungan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Cutlip M. Scoot, Center dan broom. 2006, Effective Public Relations

Maleolong, J. Lexy. 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rumanti. Assumpta, Maria, 2004, Dasa Dasar Public Relations Teori dan Praktek, Jakarta : PT. Grasindo.

Kasali, Rhenald, Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Grafiti. 2003

Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001

Mulyana, Deddy, Metode Penelitian Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2008

Wursanto, Dasar dasar Ilmu Organisasi, Penerbit Andi Omzet, Yakarta, 2005. Oliver, Sandra, Strategi Public Relations, PT. Gelora Aksara Pratama, 2001. Muhammad, Arni Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara, 2007

Thoha, Miftah Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Apllikasinya, PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Faules. Don F, Wayne Pace Komunikasi Organisasi, PT. Remaja Rosdakarya Bandung. 2005

Devito, Joseph A Komunikasi AntarManusia, Proffesional books, 1997. Nova, Firsan, Crisis Public Relations, PT. Grafindo, 2011

Sandjojo. Djuaras, S, Pengantar Ilmu Komunikasi, Universitas Terbuka, 2008 Hardjna. M, Agus, Komunikasi Intrapersonal dan interpersonal, Kansius, 2003 Sandjojo. Djuarsa, S, Teori Komunikasi, Universitas terbuka, 2007

Ruslan, Rosady, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Raja Grafiondo, Jakarta, 2002.

Rosady, Ruslan, Manajemen Public Relations dan Media Konsepsi Komunikasi dan Aplikasinya, Rajawali pers, 2008




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v15i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.