KREDIBILITAS OPINION LEADER PEDESAAN

Panggih Sundoro

Abstract


Kemajuan Teknologi komunikasi serta pertumbuhan pcnduduk mengakibat kan mobilitas semakin meningkat Daniel Lerner dalam bukun nya The Passing Of Traditional Society menegaskan.meningkatnya mobilitas antarwilayah dalam masyarakat paling banyak ditunjang tersedianya fasilitas transportasi dan komunikasi yang memadai..

Pada perkembangannya mobilitas antar wilayah geografis yang meningkat, ditunjang pula oleh komunikasi yang memadai sampai ke lingkungan pedesaan lnilah merupakan factor yung menarik minat para pernilik modal untuk mclakukan usahan nya di wilayah- wilayah pedesaan.

Pedesaan adalah strategis pandangan pcngusahapada umum nya dititik bcratkan pada potcnsi desa. Slrategi para pemilik modal untuk meperoleh tanah desa,dilakukan dengan mengkaitkan pandangan. Bahwa dalam realitas nya tnasyarakat desu penuh dengan ketidakmampuan, seperti asumsi-asumsi tentang masyarakat desa yang dapat dikendalikan melalui budaya material. Keanekaragaman nilai maupun status social akibat merebak nya industry di pedesaan berhubugan pula dengan peran dari pemuka pendapat (opinion leader)sebagai orang yang mempunyai kemampuan mcmpengaruhi perilaku orang lain (Rogers dan Lyme Svcnning dalam bukunya MODERNZATION AMONG PEASANT).

Dalam hubungannya dengan komunikasi,para opinion leader atau pemuka pendapat dipedesaan pada umumnya bersifat polimorfik yang menguasai sejumlah isu unluk disebarluaskan kepada masyarakat. Antara pemuka pendapat dan masyarakat atau pengikutnya tidak terlalu banyak perbedaan dalam kemampuan hanya pada umumnya para pemuka pendapat lebih mudah menyesuaikan diri dengan masvarakat, lebih kompeten dan lebih tahu menjaga norma yang berlaku.

Berdasarkan karakter tersebut, para pemuka pendapat mampu mengantisispasi dan beraksi


References


Hall,Edward T(1977) BeyondCullure NewYork: Anchor Book.

Lerner, Daniel(1983), The Passing ofTradtionaSociety Modcrnzation in Middle East, atau mcmudarnya Maya akat Tradisional,kcrj MuljartoT,Yogyakarta: CadjahMada University Press.

Miller,GeraldRand MarkStcinbog (1975) A New Anayss of lnternasiona Communication, Chi- cago, Palo Alto Toronto Science Research Associates

Pace R.WaynedanDon FFaulcs(1998), Komunikasi organisas Strategi Meningkatkan Kincrja Perusahaan, Terjemahan Deddy Mulyana dkk Edtor DcddyMulyana Bandung:RcmajuRosdaKarya

Rogers, EvettM and Lynne Svenni ng(1969), ModernzalionAmong Peasant New York Holt Rinehart and Winston




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v1i4.387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2021 WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.