Hubungan Parasosial Komunitas Virtual Budaya Populer K-Pop dengan Calon Presiden Anies Baswedan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Y. F., & Tranggono, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Remaja Pada Budaya Korean Pop Di Kota Surabaya. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(2), 299–310. https://doi.org/10.32509/wacana.v21i2.2278
Annisa, S. (2019). Studi Netnografi Pada Aksi Beat Plastic Pollution Oleh United Nations Environment Di Media Sosial Instagram. Jurnal Aspikom, 3(6), 1109–1123.
Blumer, H. (2012). Symbolic interactionism [1969]. Contemporary Sociological Theory, 62.
Caroline, N. (2023). K-Pop dan Koneksi Digital: Peran Media Sosial X Sebagai Wadah Interaksi Fanbase K-Pop di Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/nidyacaroline5484/6512fecc08a8b54567717872/k-pop-dan-koneksi-digital-peran-media-sosial-x-sebagai-wadah-interaksi-fanbase-k-pop-di-indonesia
CNN Indonesia. (2022). Indonesia Jadi Negara dengan K-Poper Terbesar di Twitter. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220126202028-227-751687/indonesia-jadi-negara-dengan-k-poper-terbesar-di-twitter
Efendi, A. L., Fadilla, A., Khoirunnisa, A. C., Bakry, G. N., & Aristi, N. (2023). Analisis Jaringan Komunikasi #Pilpres2024 Pada Platform Twitter. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 22(2), 219–232. https://doi.org/10.32509/wacana.v22i2.2976
Gabriel, S., Paravati, E., Green, M. C., & Flomsbee, J. (2018). From Apprentice to President: The Role of Parasocial Connection in the Election of Donald Trump. Social Psychological and Personality Science, 9(3), 299–307. https://doi.org/10.1177/1948550617722835
Gerbner, G., Gross, L., Morgan, M., Signorielli, N., & Shanahan, J. (2002). Growing up with television: Cultivation processes. In Media effects (pp. 53–78). Routledge.
Gillespie, T. (2010). The politics of ‘platforms.’ New Media & Society, 12(3), 347–364.
Hasibuan, N. E.-K., Sidabalok, U. F., Afandi, R., & Manurung, M. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Elektabilitas Bakal Calon Presiden Dan Wakil Presiden. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 6(1), 14. https://doi.org/10.31602/jt.v6i1.13323
Horton, D., & Richard Wohl, R. (1956). Mass communication and para-social interaction: Observations on intimacy at a distance. Psychiatry, 19(3), 215–229.
Iskandar, A., Fitriani, R., Ida, N., & Sitompul, P. H. S. (2023). Dasar Metode Penelitian. Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Komisi Pemilihan Umum. (2023). 55% Pemilih Didominasi Generasi Muda, Bantu KPU Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024. Kpu.Go.Id. https://www.kpu.go.id/berita/baca/11684/55-pemilih-didominasi-generasi-muda-bantu-kpu-dalam-penyelenggaraan-pemilu-2024
Marmor-Lavie, G., & Weimann, G. (2008). Intimacy appeals in Israeli televised political advertising. Political Communication, 25(3), 249–268.
Permana, L. K., & Alfian, I. N. (2023). Asal Terkenal, Bisa Terpilih: Peran Political Parasocial Relationship terhadap Voting Tendencies Pada Pemilih Pemula. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 3(1 SE-Articles), 1–15. https://doi.org/10.20473/brpkm.v3i1.46970
Priyowidodo, G. (2022). Monograf Netnografi Komunikasi: Aplikasi pada Tiga Riset Lapangan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Rozanah, H., & Fauzana, R. (2022). Interaksi pada Content Marketing TikTok@ vieraoleholeh Pekanbaru. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 4(2), 136–150.
Sastrit, F., Khayla, H., & Khalda, S. (2023). Strong Parasocial Relationships Due to the Role of Celebrities and Media Personalities in the Digital Age. Digicommtive: Jurnal of Communication Creative Studies, and Digital Culture, 1(3), 113–120.
Subandi, H. H., & Ubaid, A. H. (2020). Selebritis Menjadi Politisi: Studi tentang Bagaimana Selebritis Menang atau Kalah dalam Pemilu Legislatif. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(1), 21–45. https://doi.org/10.14710/jiip.v5i1.7311
Wulandari, C. D., Muqsith, M. A., & Ayuningtyas, F. (2023). Fenomena Buzzer Di Media Sosial Jelang Pemilu 2024 Dalam Perspektif Komunikasi Politik. Avant Garde Jurnal Ilmu Komunikasi, 134–145.
Zhang, M., Gao, Y., Sun, M., & Bi, D. (2020). Influential Factors and the Realization Mechanism of Sustainable Information-Sharing in Virtual Communities from a Knowledge Fermenting Perspective. SAGE Open, 10(4), 2158244020974002.
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v23i2.4148
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2025 Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.