GAYA KOMUNIKASI MANAJER KEPADA STAFF BAGIAN URUSAN PROMOSI PADA DIVISI MARKETING COMMUNICATION

Renata Octaviani Priono

Abstract


Setiap pimpinan dalam sebuah organisasi atau perusahaan pastilah memiliki gaya komunikasi dalam menyampaikan sebuah pesan. Seperti halnya seorang manajer dalam sebuah organisasi ketika menyampaikan pesan atau sebuah informasi baik berupa pekerjaan, saran atau sebuah opini kepada karyawannya. Gaya komunikasi tersebutlah yang mempengaruhi tanggapan seperti apa yang akan diberikan oleh staff. Oleh karna itulah gaya komunikasi sangat penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Penelitian ini membahas tentang Bagaimana Gaya Komunikasi Manajer Kepada Staff Bagian Urusan Promosi Pada Divisi Marketing Communication Studi Deskriptif Kualitatif di PT. Pikiran Rakyat, Bandung). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara terarah dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Penelitian ini disertai dengan
pembahasan menggunakan teori gaya komunikasi dan budaya organisasi.
Hasil penelitian ini berdasarkan wawancara terarah dan observasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa gaya komunikasi manajer divisi marketing communication kepada staff bagian urusan promosi menggunakan
gaya komunikasi mengendalikan dan gaya komunikasi yang dinamis. Gaya komunikasi tersebut didukung oleh budaya organisasi yang ada di divisi marketing communication yaitu predatory cultures dan frozen cultures.


Keywords


komunikasi organisasi, gaya komunikasi, budaya organisasi, manajer, staff

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro dan Q-Anees. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rektama Media.

Bangkit, Sandi. 2015. Manajer Sukses. Yogyakarta: Kobis.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Creswell, John W. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Henry. 2014. Manajer Super. Jakarta: Grasindo.

Moleong, Lexy J. 2014.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Pace, R. Wayne dan Faules. 2006. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Peru-sahaandialih bahasakan oleh Deddy Mulyana. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ruben, Brent D dan Stewart. 2014. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruliana, Poppy. 2014. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Sutrisno, Edy. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana.

Wibowo. 2013. Budaya Organisasi : Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Pan-jang. Jakarta: Rajawali Pers

Web Online

www.potretnews.com, diakses pada 16 Desember 2015, 07:15 AM

http://nasional.sindonews.com, diakses pada 16 desember 07:53 AM

http://www.republika.co.id/ , diakses pada 16 Desember 19:37 PM

h t t p : / /www. p i k i r a n - r a k y a t . c o m / p r o f i l - perusahaan#page/1, diakses pada 20 Oktober 2015, 19:47

( h t t p : / / w w w. p i k i r a n - r a k y a t . c o m / p r o f i l - perusahaan#page/10,diakses pada 16 Desember 2015 08:06 AM

( h t t p : / / w w w. p i k i r a n - r a k y a t . c o m / p r o f i l - perusahaan#page/10,diakses pada 16 Desember 2015 08:06 AM

(http://www.statista.com, diakses pada 17 Desember 2015, 18:55

http://communicationtheory.org/patterns-of-communication/, diakses pada 16 Desember 2015, 9:13 AM




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v15i2.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.