PENGARUH PROGRAM EMPLOYEE GET MEMBER TERHADAP MOTIVASI KERJA

Amelia Fiveronica

Abstract


Penelitian ini dilakukan guna mengetahui seberapa besar pengaruh Program Employee Get Member terhadap motivasi kerja karyawan Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Adanya Program Employee Get Member sebagai salah satu upaya membangun budaya kerja (funding culture) karyawan, sekaligus meningkatkan motivasi kerja karyawan secara konsisten di Unit Kerja dibawah supervisi Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat indonesia (Persero), Tbk.
Tujuan penelitian PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk selain mengutamakan pelayanan usaha kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat, tetapi juga memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal khususnya kepada karyawan yang bertanggung jawab atas tugas dan kewajibanya untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja.
Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket atau kuesioner kepada karyawan Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 148 Orang dan setelah menggunakan rumus Yamane diperoleh sample menjadi 60 orang karyawan. Data dianalisi dengan rumus korelasi Pearson. Sebelumnya data dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan r = 0,772. Bahwa Program Employee Get Member memiliki hubungan yang kuat dan positif terhadap motivasi kerja karyawan, yang berarti semakin kuat program Employee Get Member Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan diikuti dengan meningkatnya motivasi kerja karyawan.
Kesimpulannya dalam penelitian ini adalah penilaian khalayak terhadap kegiatan Employee Get Member Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan motivasi kerja karyawan Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk rata-rata berada pada kategori baik dan terdapat hubungan yang signifikan antara program Employee Get Member dengan motivasi kerja karyawan. Maka saran peneliti ialah hendaknya Kanwil Jakarta II PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tetap mempertahankan program Employee Get Member karena terdapat pengaruh yang kuat antara program Employee Get Member dengan motivasi kerja karyawan.


Keywords


Hubungan Komunikasi antar Karyawan, Get Member, Motivasi Karyawan

Full Text:

PDF

References


Andipate, Anwar Arifin, Paradigma Baru Public Relation - Teori Strategi dan Riset, 2015

Effendy, Onong Uchjana Effendy, Ilmu komunikasi Teori dan praktek, PT Remaja Rosdakarya, Bandung,1997.

Hasibuan, Malayu, S.P. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Bumi Aksana.

Malo, Manase Dkk, Metode Penelitian Sosial, Karunia Jakarta 1991.

Muhammad, Arni, Komunikasi Organisasi, PT Bumi Aksara, 2002

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules, Komunikasi Organisasi, PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Rachmadi, F, Public Relation dalam Teori Dan Praktek, Jakarta, PT Gramedia Pustaka, 1996

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2003

Romli, Khomsahrial Komunikasi Organisasi Lengkap, PT Grasindo, Jakarta 2014

Rosady, Ruslan, Manajemen Publik Relation & Media Komunikasi.

Ruslan Rosadi, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, 2010

Sendjaja, S. Djuarsa, Teori Komunikasi, Universitas Terbuka, 2001.

Subagyo, Joko P, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, PT Rineka, 1991

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiady, Metodologi Penelitan Sosial, Pustaka Indonesia Jakarta, 1996.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v15i2.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.