Model Komunikasi Kesehatan Mental Berbasis Logoterapi dalam Membangun Konsep Diri Anak Panti Asuhan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, T. A. (2012). Sistem Neurobehaviour. Salemba Medika.
Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi (Edisi ke 7). PT Refika Aditama.
Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Dwianita, D. (2018). Model Komunikasi Antarpribadi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dalam Menghadapi Stigma dan Diskriminasi Lingkungan Sosial. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(2). https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i2.1832
Fatmawati, Arifin, J., & Suardi. (2015). Stigmatisasi dan Perilaku Diskriminatif pada Perempuan Bertato. Equilibrium Pendidikan Sosiologi, 3(1), 1–10. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/507/466
Fitriana, Q. A., & Rochman Hadjam, M. N. (2016). Meraih Hidup Bermakna: Logoterapi untuk Menurunkan Depresi pada Perempuan Korban KDRT. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 2(1), 26. https://doi.org/10.22146/gamajpp.32315
Hurlock, E. B. (1999). Perkembangan Anak Jilid 2 (Tjandrasih dan Zarkasih, Ed.; 6th ed.). Erlangga, Jakarta.
Khairani, N. (2021). Peran Pekerja Sosial Dalam Penguatan Lembaga Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Nurul Qur’an Magelang. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Litaqia, W. (2022). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Anak Di Panti Asuhan Catur Dharma Pepabri Pontianak. Khatulistiwa Nursing Journal, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.53399/knj.v0i0.97
Martin, C. T., & Chanda, N. (2016). Mental Health Clinical Simulation: Therapeutic Communication. Clinical Simulation in Nursing, 12(6), 209–214. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2016.02.007
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2016). Health and therapeutic communication: An intercultural perspective. Rosda.
Nugroho, F. T. (2024). Pendekatan Logoterapi Viktor Frankl Dalam Konseling Keluarga Di Masa Krisis. Jurnal Kajian Pendidikan, 2(2), 96–103.
Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Prenada Media.
Overton, W. F. (2010). Life‐span development: Concepts and issues. The Handbook of Life‐span Development.
Panti Asuhan Dorkas. (n.d.). Retrieved October 27, 2024, from https://dorkasorphanage.com
Pramana, I. B. G. A. Y., Cahyanti, I. Y., & Fridari, I. G. A. D. (2021). Logoterapi untuk Meningkatkan Meaning in Life pada Narapidana Penyalahgunaan Narkotika. Humanitas (Jurnal Psikologi), 5(2), 217–231. https://doi.org/10.28932/humanitas.v5i2.3529
Putri, D. R. E. (2017). Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Konsep Diri Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(1).
Putri, N. M., & Savira, S. I. (2019). Coping Stigma Pada Perempuan Bertato. Nadya Maharani Putri Siti Ina Savira Abstrak. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/40/article/view/29664/27174
Qashdina, P. D., & Alfiasari. (2018). Pentingnya Peran Kelekatan Teman Sebaya dalam Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi Remaja di Panti Asuhan di kota Banda Aceh. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(4).
Ramadita, D. A., Karwati, L., & Yuliani, L. (2023). Peran Pengasuh Panti Asuhan dalam Melaksanakan Fungsi Pengganti Keluarga. Student Journal of Community Education, 2, 13–24. https://doi.org/10.37411/sjce.v2i2.1772
Shafira, G. R., & Soedirham, O. (2017). Gambaran Dimensi Internal dalam Konsep Diri Anak Asuh UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. The Indonesian Journal of Public Health, 12(2), 154–166. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i1.2017.154-166
Soroush, A., Ziapour, A., Abbas, J., Jahanbin, I., Andayeshgar, B., Moradi, F., Najafi, S., & Cheraghpouran, E. (2022). Effects of Group Logotherapy Training on Self-Esteem, Communication Skills, and Impact of Event Scale-Revised (IES-R) in Older Adults. Ageing International, 47(4), 758–778. https://doi.org/10.1007/s12126-021-09458-2
Sri Suyanti, T., Anna Keliat, B., & Catharina Daulima, N. H. (2018). Effect of logo-therapy, acceptance, commitment therapy, family psychoeducation on self-stigma, and depression on housewives living with HIV/AIDS. Enfermeria Clinica, 28, 98–101. https://doi.org/10.1016/S1130-8621(18)30046-9
Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. PT. Alfabeta.
Sukawan, A., Meilany, L., & Rahma, A. N. (2021). Literature Review: Peran CPPT dalam Meningkatkan Komunikasi Efektif Pada Pelaksanaan Kolaborasi Interprofesional di Rumah Sakit. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 9(1), 30–37. https://doi.org/10.47007/inohim.v9i1.239
Sumarno, Y. (2022). Penerapan Logoterapi sebagai Alternatif Penanganan Kesehatan Mental pada Generasi Sandwich. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6763–6774. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3775
Sutejo, S. (2017). Pengaruh Logoterapi Kelompok terhadap Kemampuan Memaknai Hidup pada Residen Napza. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 5(1), 27. https://doi.org/10.21927/jnki.2017.5(1).27-32
Sutinah. (2020). Analisa Keberadaan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Sosiologi Dialektika, 13(1), 66. https://doi.org/10.20473/jsd.v13i1.2018.66-78
Syah, Z., & Sesmiarni, Z. (2022). JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Independence Of Foster Children At The Dhamasraya Fastabiqul Khairat Koto Baru Orphanage Model Pembinaan Pengasuh Panti Asuhan Dalam Membentuk Konsep Diri Dan Kemandirian Anak Asuh Di Panti Asuhan Fastabiqul Khairat Ko. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 62–70.
Vita, N. I. (2021). Komunikasi Terapeutik Dialogis. Scopindo Media Pustaka.
Wafa, S., & Sosialita, T. D. (2023). Peran Logo terapi Untuk Mengurangi Kesepian Pada Kelompok Lansia Perempuan Di Panti Wreda. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.36341/psi.v6i2.3054
Widya, K. S. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja Panti Asuhan Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 3(2), 50–56. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v3n2.p50-56
Yayasan Kasih Anak Abba. (n.d.). Retrieved October 27, 2024, from https://ykaa.org/beranda
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v23i2.4538
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2025 Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.