PENGARUH KONTEN DAN GAYA KOMUNIKASI DI PLATFORM KONSULTASI BERBASIS ONLINE@IBUNDA_ID TERHADAP BRAND AWARENESS

Deska Dera Aisah, Yuliana Riana Prasetyawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh konten dan gaya komunikasi dalam social media terhadap brand awareness Ibunda.id. Perkembangan teknologi dan internet memicu berbagai perusahaan menggunakan social media dalam menyapaikan informasi dan meningkatkan brand awareness melalui social media. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Information Processing. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden pengguna layanan Ibunda yang mengikuti akun Instagram @Ibunda_id. Berdasarkan penelitian, konten yang disebarkan dan gaya komunikasi yang digunakan berpengaruh secara simultan terhadap brand awareness.


Keywords


Gaya Komunikasi, Social Media, Brand Awareness

Full Text:

PDF

References


Arjanti, Restituta Ajeng dan Mosal, Reney. 2012. Startup Indonesia. Buku Kompas

Bungin, M. B. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana. Edisi pertama, cetakan ketiga.

Creeber G. dan Martin R. 2009. Digital Cultures. New York: Open University

Durianto,Sugiarto dan Sitinjak, Tony. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kaplan, Andreas. dan Haenlein, Michael. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons.

Kotler, Philip. dan Keller, Kevin. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT.Kencana

Prenada Media Group.

Lincoln, Y.S. dan Guba, E.G.2005. The Sage Handbook of Qualitative Research (3rd Edition). Thounsand Oaks, CA: Sage.

Lister Martin. 2009. New Media: a critical introduction. Newyork: Routledge

Littlejohn, Stephen. dan Foss, Karen. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta:Salemba

Nawawi, Hadari dan Murni. Martini Hadari. 1995. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Nugroho, Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitiandengan SPSS, Andi Yogyakarta.

Severin, Werner. dan Tankard, James. 2005. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di Dalam Media Massa, Edisi Ke-5. Jakarta: Kencana

Siapera.2012. Understanding New Media.Sage Publication.

Walther, Joseph.2010. Computer-Mediated Communication Impersonal, Interpersonal, and Hyperpersonal Interaction.Journals ofSage, Vol. 23, No. 1 (pages 3-43).

Widjaja T.A. 2000. Auditing Suatu Pengantar, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.