ELEMEN TAWURAN VIRTUAL ANTAR FANS SEPAKBOLA DI INDONESIA

Faridhian Anshari

Abstract


Penelitian ini berangkat dari perkembangan media digital yang juga berimbas kepada dukungan fans klub sepakbola. Media sosial Instagram juga berperan sebagai jembatan interaksi antara fans dengan klub sepakbola idolanya. Dengan melimpahnya atensi fans lewat Instagram, maka lahirlah beberapa akun Instagram yang bertemakan sepakbola. Hingga per 1 juli 2017, terdapat 45 akun intagram di Indonesia yang secara variatif menampilkan informasi mengenai klub sepakbola di Indonesia maupun luar negeri. Namun, dalam perjalannya masih terlihat adanya perselisihan antar fans dalam kolom komentar Instagram yang tertuang lewat perang kata-kata. Saat ini, tercipta pergeseran tren tawuran supporter yang biasanya terjadi dalam dunia nyata menjadi tawuran fans sepakbola dalam dunia maya. Menurut observasi peneliti, tren tawuran virtual fans ini selalu terjadi dalam setiap postingan yang mengandung informasi dua klub besar Eropa, yaitu Barcelona dan Real Madrid. Bibit perselisihan juga dapat dipacu oleh caption Instagram yang terkesan memihak maupun berbentuk sindiran. Melalui tinjauan metode Conversation Analysis dari kolom komentar dua akun Instagram terpopuler (@bola_gila) dan teraktif (@berita_sepakbola) yang bertemakan sepakbola, maka penelitian ini berhasil merumuskan elemen tawuran yang terdiri dari lima (5) tipe karakter fans sepakbola yang kerap muncul dalam proses tawuran virtual. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan temuan berupa delapan (8) jenis indikator pemicu terciptanya tawuran virtual, serta tiga (3) bentuk kekerasan yang sering terjadi selama tawuran.


Keywords


Tawuran Virtual, Fans Sepakbola, Media Sosial.

Full Text:

PDF

References


Anshari, Faridhian & Prastya, Narayana M. 2014. Membaca Kompetisi Harian Olahraga di Indonesia, Menggunakan pendekatan Structure, Conduct, Performance. Proceeding Indonesia Media Research Awards Summit 1st. Serikat Pekerja Suratkabar Indonesia. Jakarta. Hal 14.

Boyle, Raymond & Richard Haynes. 2009. Power, Play, Sport, the Media, and Popular

Culture. Second Edition. Edinburgh University Press Ltd. UK

Carnibella, Giovanni, Fox, Anne, Fox, Kate & McCann, Joe. 1996. Football Violence in Europe. SIRC, Social Issue Rsearch Centre Publications. UK

Cashmore, Ellis & Cleland, Jamie. 2014. Footballs Dark Side. Corruption, Homophobia, Violence and Racism in The Beautiful Game. Pallgrave Macmillan. UK

Foer, Franklin. 2006. Memahami Dunia Lewat Sepakbola. Marjin Kiri. Jakarta

Giulianotti, Richard. 2006. Football: A Sociology of the Game. Polity Press. Cambridge.UK.

Infromation Resources Management Association, 2015. Social Media and Networking. IGI Global. USA.

Jacobson, Beth. 2003. The Social Psychology of the Creation of a Sport Fan Identity: A Theoretical Review of the Literature. Athletic Insight, Volume 5, Issues 2. USA

Junaedi, Fajar, dkk. 2014. Sport, Komunikasi, dan Audiens. Yogyakarta: Aspikom, Fikom

Untar dan Prodi Ilmu Komunikasi UAJY.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, 2008, Gramedia Pustaka. Utama, Jakarta.

McQuaill, Dennis.2010. Teori Komunikasi Massa Edisi Kelima. Erlangga. Jakarta.

Mey, Jacob L. 2001. Pragmatics: An Introduction. Blackwell Publishing. Asutralia.

Munro, Clayton Edward Steven. 2006. Sports Fan Culture & Brand Community; An Ethnographic Case Study of The Vancouver Canucks Boster Clubs. Faculty of Graduated Studies. University of British Columbia. USA

Nugraha, Ubaidillah. 2008. Republik Gila Bola. Ufuk Press. Jakarta

Simaepa, Darmanto. 2016. Tamasya Bola, Cinta, Gairah, dan Luka dalam Sepakbola. Penerbit Buku Mojok. DIY

Syahputra, Iswandi. 2016. Pemuja Sepakbola, Kuasa Media Atas budaya. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Wimmer, Roger & Dominick, Joseph. 2011. Mass Media Research: An Introduction, Ninth Edition. Wadsworth. USA

SUMBER INTERNET:

Admin Instagram @bola_gila. 2017. Caption Final Liga champions 2017 Real Madrid vs Juventus. https://www.instagram.com/p/BU7EAdNg0_z/?taken-by=bola_gila. Diunduh tanggal 1 Juli 2017

Admin Instagram @berita_sepakbola. 2017. Caption Final Liga champions 2017 Real Madrid vs Juventus. https://www.instagram.com/p/BU5EuauASUC/?taken-by=berita_sepakbola . Diunduh tanggal 1 Juli 2017

Nugroho, Agung. 2017. 5 Klub Eropa yang Memiliki Jumlah Supporter Terbanyak di Indonesia. https://www.cultureindo.com/9149/2017/04/18/5-klub-eropa-yang-memiliki-jumlah-suporter-terbanyak/ diunduh pada tanggal 10 Juli 2017

Staff Kemeneterian Pemuda dan Olahraga. 2015. Imlek dan Olahraga Indonesia. http://m.kemenpora.go.id/index/preview/berita/295/4 diunduh pada 10 Juli 2017




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.