PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PUBLIK DAN PARIWISATA BERBASIS INTERNET PADA WEBSITE DINAS PARIWISATA PEMERINTAH KOTA MALANG

Arif Budi Prasetya

Abstract


Sektor pariwisata di Kota Malang menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi untuk berkembang, atau mungkin justru menjadi sektor andalan bagi Kota Malang. Penekanannya berfokus pada bentuk-bentuk komunikasi pariwisata yang dibangun antara Pemerintah Kota Malang dengan warga melalui internet berupa website Dinas Pariwisata Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangun good governance, diperlukan adanya komitmen yang kuat dari masing-masing dinas yang terkait dan diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia sehingga aparat pemerintah dapat memahami pentingnya komunikasi dengan masyarakat. Ketidakberhasilan penerapan good governance di beberapa daerah khususnya Kota Malang, menurut penulis disebabkan rendahnya pemahaman aparat pemerintah akan pentingnya keberadaan internet sebagai media komunikasi yang efektif dan efisien saat ini. Masih banyaknya aparat pemerintah yang kurang memahami prinsip-prinsip good governance menyebabkan keberadaan website tidak begitu membantu masyarakat mendapatkan informasi dan penyelesaian atas persoalan sosial yang dihadapi, salah satunya pada sektor pariwisata.


Keywords


e-government, komunikasi publik, Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Ardiyanto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Biagi. Shirley. 2010. Media/ Impact. Pengantar Media Massa. Penerjemah : Muhammad Irfan. Jakarta. Salemba Humanika.

Biltereyst, D. 2008. Media Conglomerates. dalam Wolfgang Donsbach (editor) The International Encyclopedia of Communication: 2824-2830. Malden: Blackwell Publishing.

Flew, T. 2002. New Media, Anintroduction. Melbourne: Oxford University Press.

Ibrahim, Id1 Subandy. 2011. Budaya Populer sebagai Komunikasi. Yogyakarta. Jalasutra

Littlejohn, Stephen W, 2009 . Teori Komunikasi Theories of Human Communication edisi 9. Jakarta. Salemba Humanika.

McNair, B. 2003. An Introduction to Political Communication. (third edition). London: Routledge.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. 2014. Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd Ed. USA: Sage.

Nurudin, 2017. Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta. Rajawali Pers.

Piliang, Yasraf Amir. 2011. Dunia yang Dilipat. Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung. Pustaka Matahari.

Rothstein, B. & Teorell, J. 2012. Defining and Measuring Quality of Government. dalam Soren Holmberg dan Jan Teorell (editor). Good Government, The Relevance of Political Science: 13-39. Cheltenham: Edward Elgar.

Rubin, A. M. 2008. Social Behavior, Media Effect on. dalam Wolfgang Donsbach (editor) The International Encyclopedia of Communication. 4639-4644. Malden: Blackwell Publishing.

Thompson, John B. 2015. Kritik Ideologi Global. Penerjemah : Haqqul Yaqin. Yogyakarta. IRCiSoD.

Thussu, D, K. 2008. Fourth Estate. dalam Wolfgang Donsbach (editor) The International Encyclopedia of Communication. 1858-1862. Malden: Blackwell Publishing.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.