MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PADA REMAJA PENGGUNA AKUN ALTER EGO DI TWITTER

Muhammad Saifulloh, Andi Ernanda

Abstract


Pengelolaan informasi privasi tidak hanya dalam dunia nyata, saat ini individu dapat menyebarkan informasi pribadi mereka kepada orang lain melalui media sosial seperti Twitter. Keberadaan akun-akun alter ego di situs jejaring sosial Twitter, memiliki tingkat keterbukaan informasi privat sangat berbeda. Akun-akun ini dibuat untuk melontarkan foto yang mengandung konten pornografi diri sendiri, setiap kali mengunggah foto sensual dirinya ke Twitter, mereka melengkapinya dengan nametag bertuliskan username dan melampirkan kata kunci hashtag #Realava. Penelitian ini melihat bagaimana manajemen privasi komunikasi pemilik akun alter ego menggunakan teori Manajemen Privasi Komunikasi. Dengan pendekatan fenomenologi penelitian in mendapatkan deskripsi berikut: Pertama, Pemilik akun alter ego tetap menerapkan batasan privat dalam penggunaannya. Batasan kolektif yang diterapkan berupa memotong atau menutupi bagian wajah dirinya pada foto yang disebarkan. Kedua, Adapun motif yang muncul pada pemilik akun adalah, motif identitas diri, motif interaksi dan motif hiburan.


Keywords


: twitter, akun alter ego, manajemen privasi

Full Text:

PDF

References


Aisah, Deska Dera dan Yuliana Riana Prasetyawati. 2018.

Pengaruh Konten dan Gaya Komunikasi di Platform Konsultasi Berbasis Online@ibunda_id Terhadap Brand Awareness. Wacana Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 17. No. 1, (hal: 29-38).

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. 2007. Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. http://jcmc.indiana.edu/vol13/issues1/boyd.ellison.html

Kuswarno, Engkus. 2009. Metode Penelitian Komunikasi: Fenomenologi, Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Yogjakarta: Perpustakaan Pusat UII.

Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitative Research and Evaluation Methods, 3rd Edition.

Thousand Oaks, California: Sage Publications inc.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi kualitatif. Yogyakarta: LKIS.

Puntoadi. Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT.Gramedia.

J.R, Raco. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeda.

Tahir, Muh. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tubbs, L Stewart dan Moss Sylvia. 2001. Human Comunication (Konteks-Konteks Komunikasi). Bandung: Remaja Rosda karya.

Werner J, Saverin- James W, Tankard, Jr. 2007. Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

West, Richard., Turner, H. Lynn. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Wright, Kevin B., Lynne., M. Webb. 2011. Computer Mediated Communication in Personal Relationship. New York: Peter Lang Publishing.

Internet

Henderi, Muhammad Yusup, Yuliana Isma Graha. 2007. Pengertian Media Sosial. http://wlipurn.blogspot.co.id/2017/04/wlipurn.html

Ofcom. 2008a. Annex 3: Social Networking qualitative Research Report. England: Office of Communication. Available at http://www.ofcom.org.uk/

Ofcom. 2008. Social Networking: A Quantitative and Qualitative Research Report into Attitude, Behaviours, and Use. England: Office of Communication. Available at http://www.ofcom.org.uk/

https://inet.detik.com/cyberlife/d-3912429/130-juta-orang-indonesia-tercatat-aktif-di-medsos diakses 1 November 2018)

www.katadata.co.id

www.media.ofcom.org.uk/2008/04/02/are-you-an-alpha-socialiser-or-an-attention seeker-ofcom-research-identifies-social-networking-profiles/

We Are Social, Januari 2018.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.