SOSIALISASI PROGRAM CSR OLEH PUBLIC RELATIONS PT TELKOM INDONESIA MELALUI EVENT TELKOM CRAFT INDONESIA

Helen Olivia, Diah Novianis Putri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bagaimana sosialisasi program CSR PT Telkom Indonesia dalam memperkenalkan produk UKM melalui event Telkom Craft Indonesia, karena produk ukm belum seluruhnya diketahui masyarakat luas. Tujuan penelitian ingin mengetahui strategi sosialisasi program CSR PT Telkom Indonesia melalui Telkom Craft Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan ialah studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian terdiri dari key informan dan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses sosialisasi yang telah dikerjakan oleh public relations PT Telkom Indonesia dalam event Telkom Craft Indonesian yaitu dengan kegiatan tatap muka langsung kepada publik eksternal. Dimana dalam event tersebut dapat memprmosikan sendiri usahanya, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui produk UKM dan berinteraksi dalam event tersebut.


Keywords


Program CSR, Sosialisasi, Telkom Craft Indonesia

Full Text:

PDF

References


Budiarti S. & Raharjo. 2018. Corporate Social Responsibility (CSR) Dari Sudut Pandang Perusahaan. Social Work Journal, Vol.8, No.2, (hal:13-29)

Bungin, Burhan. 2011. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Cresswell John, W. 2010. Research Desaign Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cutlip, Scoot M., Allen H. Center, dan Glen M. Broom. 2011. Effective Public Relations, Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana.

Ingratubun, Adrian. 2017. Strategi Progresif CSR Perseroan Indosiar Dalam Meraih Penghargaan Asia Responsibility Entrepreneurship Award. Wacana Jurnal Ilmiah Komunikasi, Vol. 16, No.1, (hal: 84-101).

K. Yin, Robert. 2014. Studi Kasus: Desain & Metode terjemahan. Jakarta: Grafindo Persada.

Kennedy, John E. 2009. Manajemen Event. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Narwoko, J. Dwi dan Suyanto, Bagong (editor). 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan edisi Ketiga. Jakarta: Prenada Media Group

Morrisan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rachmadi, F. 2007. Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Solihin, Ismail. 2011. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat

Ulber, Silalahi. 2009. Metode Penelitan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal

https://www.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/stockdetail/program-csr.htmlhttp://telkomcraftindonesia.com/




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: [email protected]

 

Copyright (c) 2021 WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.