SOSIALISASI PROGRAM CSR OLEH PUBLIC RELATIONS PT TELKOM INDONESIA MELALUI EVENT TELKOM CRAFT INDONESIA
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana sosialisasi program CSR PT Telkom Indonesia dalam memperkenalkan produk UKM melalui event Telkom Craft Indonesia, karena produk ukm belum seluruhnya diketahui masyarakat luas. Tujuan penelitian ingin mengetahui strategi sosialisasi program CSR PT Telkom Indonesia melalui Telkom Craft Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan ialah studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian terdiri dari key informan dan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses sosialisasi yang telah dikerjakan oleh public relations PT Telkom Indonesia dalam event Telkom Craft Indonesian yaitu dengan kegiatan tatap muka langsung kepada publik eksternal. Dimana dalam event tersebut dapat memprmosikan sendiri usahanya, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui produk UKM dan berinteraksi dalam event tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiarti S. & Raharjo. 2018. Corporate Social Responsibility (CSR) Dari Sudut Pandang Perusahaan. Social Work Journal, Vol.8, No.2, (hal:13-29)
Bungin, Burhan. 2011. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bungin, Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Cresswell John, W. 2010. Research Desaign Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cutlip, Scoot M., Allen H. Center, dan Glen M. Broom. 2011. Effective Public Relations, Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana.
Ingratubun, Adrian. 2017. Strategi Progresif CSR Perseroan Indosiar Dalam Meraih Penghargaan Asia Responsibility Entrepreneurship Award. Wacana Jurnal Ilmiah Komunikasi, Vol. 16, No.1, (hal: 84-101).
K. Yin, Robert. 2014. Studi Kasus: Desain & Metode terjemahan. Jakarta: Grafindo Persada.
Kennedy, John E. 2009. Manajemen Event. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Narwoko, J. Dwi dan Suyanto, Bagong (editor). 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan edisi Ketiga. Jakarta: Prenada Media Group
Morrisan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.
Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rachmadi, F. 2007. Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Solihin, Ismail. 2011. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat
Ulber, Silalahi. 2009. Metode Penelitan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama
Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal
https://www.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/stockdetail/program-csr.htmlhttp://telkomcraftindonesia.com/
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.719
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.