INTERAKSI SIMBOLIK DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI ANTARA ATASAN DAN BAWAHAN DI PERUSAHAAN

Angel Yohana, Muhammad Saifulloh

Abstract


Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh tiap individu dalam organisasi tentu melibatkan elemen-elemen komunikasi sosial yang menciptakan terjadinya interaksi sosial, dimana komunikasi adalah proses pembentukan makna melalui pesan, baik pesan verbal maupun pesan nonverbal yang berupa simbol-simbol, tanda-tanda, dan perilaku.Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang proses interaksi simbolik antara atasan dan bawahan di PT. IMSE Marindo Utama Gas Engine Jakarta dalam mengurangi terjadinya kesalahpahaman dalam komunikasi (miss communication). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori interaksi simbolik yang memiliki tiga konsep kunci utama; mind, self, society yang mana simbol-simbol sikap, perilaku, cara bicara, cara berpakaian terlihat dalam interaksi yang berlangsung. Dari hasil penelitian interaksi berlangsung secara harmonis, penelitian inipun menunjukan bahwa keterlibatan dalam suatu interaksi menimbulkan kedekatan hubungan antara atasan dan bawahan.


Keywords


Interaksi Simbolik, Pikiran, Diri, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Cetakan I. Yogyakarta: Jalansutra.

Dewi, Etna Paramita&Harianto, Sugeng. 2015. Interaksionisme Simbolik Antar Anggota Komunitas Sepeda Gunung no nyono cycling club (NCC) Sumenep. Jurnal Paradigma, Vol. 03 No.03, (hal:1-8).

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009.Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Morissan. 2014. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Masyitah.2016. Analisis Interaksi Simbolik Kaum Lesbian Butch Dengan Masyarakat Lingkungannya. WACANA Jurnal Ilmiah Komunikasi,Vol. 15 No.3, (hal: 181-279).

Nuryanto.2011. Ilmu Komunikasi dalam Konstruksi Pemikiran Wilbur Schramm. Jurnal Komunikasi Massa, Vol. 4 No. 2, (hal:1-16).

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Umiarso dan Elbandiansyah. 2014. Interaksionisme Simbolik dari Era Klasik Hingga Modern. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Richard West, Lynn H.Turner. 2008.Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Buku 2, Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika

Riswandi, 2009.Ilmu Komunikasi, Cetakan Pertama. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Ritzer, George dan Goodman, Douglas J. 2008. Teori Sosiologi: Edisi Terbaru. Bantul: Kreasi Wacana.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yin, K, Robert. 2000, Studi Kasus : Desain dan Metode, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: [email protected]

 

Copyright (c) 2021 WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.