PERSONAL BRANDING MOM-INFLUENCER DAN REPRESENTASI IBU MILLENIAL DI MEDIA SOSIAL
Abstract
Maraknya kemunculan para ibu yang menjadi social media influencer (mom influencer) telah menjadi tren baru yang diikuti oleh para ibu millennial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana personal branding sosok mom influencer sebagai representasi ibu millennial di media sosial. Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebelas personal branding otentik dari Rampersad dan teori representasi dari Stuart Hall. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi terhadap akun Instagram @tanyalarasati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sosok mom influencer telah menggunakan kesebelas kriteria dan menekankan pada konsep konsistensi, perbedaan, niat baik dan performa. Ia memegang nilai-nilai kekeluargaan sekaligus sangat menunjukkan nilai-nilai individualisme dan konsumerisme. Representasi ibu milenial yang ingin ia sampaikan melalui akun instagramnya adalah bahwa setelah seseorang menjadi ibu, ia tetap dapat mengejar mimpi pribadinya dengan bekerja sama dan tetap berkomitmen dengan keluarganya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Kartika dan Purnama, Hadi. 2017.Analisis Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial. E-Proceeding of Management: Vol.4 No.1
Arindita, Ruvira, Alma Mandjusri dan Rahman Asri. 2017. Bunga Rampai: Media dan Masyarakat Kini.UAI Press: Jakarta
Arindita, Ruvira. 2017. Representasi Ibu Ideal Pada Media Sosial (Analisis Multimodality Pada Akun Instagram @Andienippekawa). Jurnal Komunikasi Global. Vol.06.No.02.
Ariyanti, Gusmia. 2017. Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instagram dan Path. Jurnal Wacana. Vol.16. No.2
Butar Butar, Christopher Rafael dan Ali, Dini Salmiyah Fithrah. 2018. Strategi Personal Branding Selebgram Non Selebriti.PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat Vol:2 No.2 halaman 86-101
Bohang, Fatimah Kartini https://tekno.kompas.com/read/2018/06/21/10280037/juni-2018-pengguna-aktif-instagram-tembus-1-miliar.Diakses pada 25 Februari 2019
Gizabenyo,https://womantalk.com/entertainment/articles/4-selebgram-ibu-muda-yang-tetap-cantik-dan-stylish-layaknya-gadis-remaja-D6KoO. Diakses pada 4 Maret 2019
Hartanti, Lisa Esti Puji. 2018. Komunikasi Orang Muda di Sosial Media. Jurnal Wacana Vol.17, No.2
Haryanto, Agus Tri, https://inet.detik.com/cyberlife/d-3912429/130-juta-orang-indonesia-tercatat-aktif-di-medsos. Diakses pada 25 Februari 2019
Imawati, Amanda Vivi dan Sulihah, Ayu Wahyuni.2016.Analisis Personal Branding Fashion Blogger Diana Rikasari. JISIP (Jurnal Ilmu Sosoial dan Ilmu Politik) Vol.5.No.3
McNally, D (2011). Be Your Own Brand: Achieve More of What You Want By Being More of Who You Are. Berret-Koehler Publisher: San Fransisco
Rachmawati, Dita dan Salmiyah, Dini. 2018.Analisis Kriteria Personal Branding Selebgram Non Selebriti (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @lippielust). Jurnal Komunikasi Trunojoyo Vol.12, No.1
Rampersad, Hubert K. 2008. Authentic Personal Branding.PPM Publishing: Jakarta
Safko, Lon. (2010). The Social Media Bible: Tactics, Tools and Strategies for Business Success. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Sarosa, Astari. https://cantik.tempo.co/read/1127453/instagram-media-sosial-paling-populer-ibu-milenial-apa-sebabnya. Diakses pada 2 Maret 2019
Tim Viva, https://www.viva.co.id/gaya-hidup/parenting/1120405-ibu-milenial-lebih-percaya-instagram-dibanding-dokter. Diakses pada 1 Maret 2019
Tim Redaksi, https://www.motherandbaby.co.id/article/2017/7/5/8308/5-karakteristik-millenial-momshttps://www.motherandbaby.co.id/article/2017/7/5/8308/5-karakteristik-millenial-moms. Diakses pada 3 Maret 2019
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.