PENGARUH TAGLINE PRIMAGAMA TERDEPAN DALAM PRESTASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PRIMAGAMA
Abstract
Latar belakang penelitian ini ini didasari oleh kaberadaan Primagama yang merupakan satu-satunya bimbingan
belajar di Indonesia yang terpilih mendapat penghargaan bergengsi. Dengan Tagline Terdepan dalam Prestasi,
Primagama berusaha untuk menjaring minat di benak khalayak. Tagline atau Slogan adalah suatu perkataan atau
kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Tagline sangat penting untuk
dunia Komunikasi. Dengan Tagline atau slogan dari suatu lembaga tersebut akan mudah diingat publik dan akan
lebih dikenal. Oleh karena itu, masyarakat publik akan lebih mudah mengingat dan juga mudah dikenal. Tagline
memberikan efek yang luar biasa yang bisa dirasakan secara langsung oleh khalayak terhadap Primagama. Kekuatan
Tagline pada lembaga bimbingan belajar Primagama Terdepan Dalam Prestasi digunakan untuk menarik
minat para calon siswa-nya.. Oleh sebab itu, untuk dapat melaksanakan kegiatan komunikasi yang efektif dalam
rangka memberikan kesan kualitas pada program pendidikannya, maka Primagama perlu menggali lebih jauh lagi
faktorfaktor apa yang mempengaruhi terciptanya hal-hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penilaian siswa terhadap tagline/slogan Primagama dan ujntuk mengetahui minat
belajar siswa yang kursus dilembaga pendidikan Primagama serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
tagline Primagama terhadap minat belajar Primagama cabang Mayestik.
Sebagai landasan dari penelitian ini, digunakan teori Stimulus Organisme Response. Teori ini menggambarkan
bahwa media massa mempunyai efek yang amat kuat Teori ini perlu didukung dengan konsep kreatif penggunaan
tagline sebagai media pemasaran, yakni: Penggunaan Media, Tampilan Fisik, Isi Pesan, Selain itu, penulis juga
menggunakan teori Minat Belajar, yang menjelaskan bahwa minat merupakan moment-moment dari kecenderungan
jiwa yang terarah secara intensif kepada suatu obyek yang dianggap paling efektif (perasaan, emosional) yang
didalamnya terdapat elemen-elemen efektif (emosi) yang kuat. Minat merupakan kecenderungan hati yang tinggi
terhadap sesuatu yang timbul karena kebutuhan, yang dirasa atau tidak dirasakan atau keinginan hal tertentu. Minat
besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar, terkait dengan konsep minat belajar yaitu: Melahirkan perhatian
yang serta merta, Memudahkan terciptanya konsentrasi, Memperkuat melekatnya bahan pelajaran dalam ingatan,
Memperkecil kebosanan belajar dalam diri sendiri.
Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat eksplanatif. Objek penelitiannya adalah siswa bimbingan belajar
Primagama cabang Mayestik, yang berjumlah 80 orang. Sedang teknik pengambilan samplingnya menggunakan
Simple Random Sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik penyebaran angket pada responden
dan kepustakaan dari literatur yang ada. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisa secara kuantitatif dan
diinterpretasikan untuk memperoleh gambaran mengenai variabel yang diamati. Setelah itu dilakukan pengujian
hipotesis dengan menggunakan tehnik pearson correlation. dan regresi linier.
Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh bahwa tagline Primagama Terdepan
Dalam Prestasi mempunyai kontribusi sebesar 16,6% dalam upaya menciptakan minat belajar siswa Primagama.
Selebihnya, minat belajar siswa Primagama sebesar 83,4% terbentuk akibat dari pengaruh beberapa faktor lainnya
di luar dari penelitian ini. Selain itu persamaan regresi (? = 31,726 + 0,392 X) dapat diintrepetasikan bahwa setiap
perubahan satu satuan penyajian tagline Primagama (X) maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,392 satuan
minat belajar siswa Primagama (Y) sejalan dengan konstanta sebesar 31,726. Hal ini sejalan dengan nilai korelasi
sebesar 0,407, yang berarti ada hubungan yang Sedang dan arah hubungannya positif
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon & Ridwan. 2007. Rumus dan Data Dalam
Analisis Statistika, Cetakan 2. Bandung :
Alfabeta.
Bovee, L, Courtland dan John V. Thill. 2003.
Komunikasi Bisnis, buku kedua. Edisi Bahasa
Indonesia, Edisi Keenam. Jakarta : PT. Indeks
Kelompok Gramedia.
Buchori. (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT.
Aksara Baru.
Effendy, Onong Uchjan. 1998. Ilmu Komunikasi Teori
dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosda
Karya.
-----------. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi.
Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.
----------. 2005. Komunikasi Teori dan Praktek.
Bandung : PT. Remaja Rosada Karya.
----------. 2006. Hubungan Masyarakat Suatu Studi
Komunikologis. Bandung : PT. Remaja Rosada
Karya
F. Rachmadi. 1996. PR dalam Teori dan Praktek
Aplikasi Dalam Badan Usaha Swasta dan
Lembaga Pemerintahan. Jakarta : PT. Gramedia.
Irwanto dkk. 1993. Psikologi Umum. Yogyakarta :
Andi Offset.
Jeffkins, Franks. 1997. Essential Of Public Relation.
Jakarta : Erlangga.
Kartono, Kartini. 2008. Kontribusi Kreativitas
Terhadap Prestasi Belajar. Pekanbaru : Lembaga
UNRI.
-----------------------. 2010. Patologi Sosial, Jilid I.
Pekanbaru : Lembaga UNRI.
Koentjaraningrat. 1990. Sejarah Teori Antropologi I.
Jakarta : Universitas Indonesia Pers.
Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar Dasar Humas.
Jakarta : Ghalian.
Mardalis. 1995. Metode Penelitian. Jakarta : Bumi
Aksara.
Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian
Kuantitatif. Jakarta : Rineka Cipta.
McQuail, Dennis. 1996. Teori Komunikasi Massa,
Suatu Pengantar, Edisi Kedua. Jakarta :Erlangga.
Rakhmat, Jallaludin. 1997. Metode Penelitian
Komunikasi. Bandung :Remaja Rosadakarya.
Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas &
Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi.
Jakarta : Rajawali Pers.
Santoso. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan
Kualitatif. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Sendjaja, Djuarsa Sasa. 2002. Penghantar Ilmu
Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung :Alfabeta.
-------------. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung : Alfabeta.
-------------. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung
: Alfabeta.
Suharsimi dan Lia. 2008. Manajemen Pendidikan,
Yogyakarta : Aditya Media.
Susanto, Adi. 1991. Data Akuisisi Untuk Proses
Perpindahan Panas. Yogyakarta :PAU Ilmu
Teknik Universitas Gadjah Mada.
Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar.
Jakarta : PT. Rineka Cipta.
The Liang Gie. 1998. Cara Belajar Yang Efisien.
Yogyakarta : Pubib
--------------------. 2004. Cara Belajar Yang Baik
Bagi Mahasiswa. Yogyakarta ; Gajah Mada
University Press.
---------------------. 2002. Cara Belajar Yang Efisien.
Yogyakarta : Pusat Kemajuan Studi.
Usman, H dan Akbar. 2001. Metode Penenlitian
Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.
Wiryanto. 2005. Penghantar Ilmu Komunikasi, Jakarta
: PT. Grasindo.
--------------. 2005. Penghantar Ilmu Komunikasi.
Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Website
Primagama.com
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v13i1.80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.