PENGARUH TAGLINE PRIMAGAMA TERDEPAN DALAM PRESTASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PRIMAGAMA

Yudha Sumantri

Abstract


Latar belakang penelitian ini ini didasari oleh kaberadaan Primagama yang merupakan satu-satunya bimbingan
belajar di Indonesia yang terpilih mendapat penghargaan bergengsi. Dengan Tagline Terdepan dalam Prestasi,
Primagama berusaha untuk menjaring minat di benak khalayak. Tagline atau Slogan adalah suatu perkataan atau
kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Tagline sangat penting untuk
dunia Komunikasi. Dengan Tagline atau slogan dari suatu lembaga tersebut akan mudah diingat publik dan akan
lebih dikenal. Oleh karena itu, masyarakat publik akan lebih mudah mengingat dan juga mudah dikenal. Tagline
memberikan efek yang luar biasa yang bisa dirasakan secara langsung oleh khalayak terhadap Primagama. Kekuatan
Tagline pada lembaga bimbingan belajar Primagama Terdepan Dalam Prestasi digunakan untuk menarik
minat para calon siswa-nya.. Oleh sebab itu, untuk dapat melaksanakan kegiatan komunikasi yang efektif dalam
rangka memberikan kesan kualitas pada program pendidikannya, maka Primagama perlu menggali lebih jauh lagi
faktorfaktor apa yang mempengaruhi terciptanya hal-hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penilaian siswa terhadap tagline/slogan Primagama dan ujntuk mengetahui minat
belajar siswa yang kursus dilembaga pendidikan Primagama serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
tagline Primagama terhadap minat belajar Primagama cabang Mayestik.
Sebagai landasan dari penelitian ini, digunakan teori Stimulus Organisme Response. Teori ini menggambarkan
bahwa media massa mempunyai efek yang amat kuat Teori ini perlu didukung dengan konsep kreatif penggunaan
tagline sebagai media pemasaran, yakni: Penggunaan Media, Tampilan Fisik, Isi Pesan, Selain itu, penulis juga
menggunakan teori Minat Belajar, yang menjelaskan bahwa minat merupakan moment-moment dari kecenderungan
jiwa yang terarah secara intensif kepada suatu obyek yang dianggap paling efektif (perasaan, emosional) yang
didalamnya terdapat elemen-elemen efektif (emosi) yang kuat. Minat merupakan kecenderungan hati yang tinggi
terhadap sesuatu yang timbul karena kebutuhan, yang dirasa atau tidak dirasakan atau keinginan hal tertentu. Minat
besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar, terkait dengan konsep minat belajar yaitu: Melahirkan perhatian
yang serta merta, Memudahkan terciptanya konsentrasi, Memperkuat melekatnya bahan pelajaran dalam ingatan,
Memperkecil kebosanan belajar dalam diri sendiri.
Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat eksplanatif. Objek penelitiannya adalah siswa bimbingan belajar
Primagama cabang Mayestik, yang berjumlah 80 orang. Sedang teknik pengambilan samplingnya menggunakan
Simple Random Sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik penyebaran angket pada responden
dan kepustakaan dari literatur yang ada. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisa secara kuantitatif dan
diinterpretasikan untuk memperoleh gambaran mengenai variabel yang diamati. Setelah itu dilakukan pengujian
hipotesis dengan menggunakan tehnik pearson correlation. dan regresi linier.
Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh bahwa tagline Primagama Terdepan
Dalam Prestasi mempunyai kontribusi sebesar 16,6% dalam upaya menciptakan minat belajar siswa Primagama.
Selebihnya, minat belajar siswa Primagama sebesar 83,4% terbentuk akibat dari pengaruh beberapa faktor lainnya
di luar dari penelitian ini. Selain itu persamaan regresi (? = 31,726 + 0,392 X) dapat diintrepetasikan bahwa setiap
perubahan satu satuan penyajian tagline Primagama (X) maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,392 satuan
minat belajar siswa Primagama (Y) sejalan dengan konstanta sebesar 31,726. Hal ini sejalan dengan nilai korelasi
sebesar 0,407, yang berarti ada hubungan yang Sedang dan arah hubungannya positif


Keywords


Tagline, Slogan, Minat, Media

Full Text:

PDF

References


Akdon & Ridwan. 2007. Rumus dan Data Dalam

Analisis Statistika, Cetakan 2. Bandung :

Alfabeta.

Bovee, L, Courtland dan John V. Thill. 2003.

Komunikasi Bisnis, buku kedua. Edisi Bahasa

Indonesia, Edisi Keenam. Jakarta : PT. Indeks

Kelompok Gramedia.

Buchori. (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT.

Aksara Baru.

Effendy, Onong Uchjan. 1998. Ilmu Komunikasi Teori

dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosda

Karya.

-----------. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi.

Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

----------. 2005. Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung : PT. Remaja Rosada Karya.

----------. 2006. Hubungan Masyarakat Suatu Studi

Komunikologis. Bandung : PT. Remaja Rosada

Karya

F. Rachmadi. 1996. PR dalam Teori dan Praktek

Aplikasi Dalam Badan Usaha Swasta dan

Lembaga Pemerintahan. Jakarta : PT. Gramedia.

Irwanto dkk. 1993. Psikologi Umum. Yogyakarta :

Andi Offset.

Jeffkins, Franks. 1997. Essential Of Public Relation.

Jakarta : Erlangga.

Kartono, Kartini. 2008. Kontribusi Kreativitas

Terhadap Prestasi Belajar. Pekanbaru : Lembaga

UNRI.

-----------------------. 2010. Patologi Sosial, Jilid I.

Pekanbaru : Lembaga UNRI.

Koentjaraningrat. 1990. Sejarah Teori Antropologi I.

Jakarta : Universitas Indonesia Pers.

Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar Dasar Humas.

Jakarta : Ghalian.

Mardalis. 1995. Metode Penelitian. Jakarta : Bumi

Aksara.

Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian

Kuantitatif. Jakarta : Rineka Cipta.

McQuail, Dennis. 1996. Teori Komunikasi Massa,

Suatu Pengantar, Edisi Kedua. Jakarta :Erlangga.

Rakhmat, Jallaludin. 1997. Metode Penelitian

Komunikasi. Bandung :Remaja Rosadakarya.

Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas &

Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi.

Jakarta : Rajawali Pers.

Santoso. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan

Kualitatif. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Sendjaja, Djuarsa Sasa. 2002. Penghantar Ilmu

Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif.

Bandung :Alfabeta.

-------------. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif.

Bandung : Alfabeta.

-------------. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung

: Alfabeta.

Suharsimi dan Lia. 2008. Manajemen Pendidikan,

Yogyakarta : Aditya Media.

Susanto, Adi. 1991. Data Akuisisi Untuk Proses

Perpindahan Panas. Yogyakarta :PAU Ilmu

Teknik Universitas Gadjah Mada.

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar.

Jakarta : PT. Rineka Cipta.

The Liang Gie. 1998. Cara Belajar Yang Efisien.

Yogyakarta : Pubib

--------------------. 2004. Cara Belajar Yang Baik

Bagi Mahasiswa. Yogyakarta ; Gajah Mada

University Press.

---------------------. 2002. Cara Belajar Yang Efisien.

Yogyakarta : Pusat Kemajuan Studi.

Usman, H dan Akbar. 2001. Metode Penenlitian

Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.

Wiryanto. 2005. Penghantar Ilmu Komunikasi, Jakarta

: PT. Grasindo.

--------------. 2005. Penghantar Ilmu Komunikasi.

Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Website

Primagama.com




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v13i1.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.