KAPITAL SOSIAL SANTRI DALAM MEMBANGUN PERTEMANAN DI PESANTREN

Arif Surya Kusuma, Nur Latifah Umi Satiti

Abstract


Dalam rangka bertahan di pesantren, santri akan membangun pertemanan sebagai bentuk sosialisasi diri mereka. Konteks pertemanan menuntut pemenuhan kebutuhan dalam bentuk kapital sosial santri di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kapital sosial santri digunakan dalam membangun hubungan pertemanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan multiple source of evidence dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima aspek yang memudahkan terbentuknya pertemanan santri di pesantren. Lima aspek tersebut merupakan kapital sosial yang dimiliki santri dalam memenuhi kebutuhan santri lain antara lain:Pengakuan, Keperluan, Dukungan Ego, Dorongan dan Solidaritas. Kelima aspek ini berasal dari kapital kultural yang terdapat pada santri untuk memperoleh manfaat keanggotaannya di pesantren. Kapital kultural santri berasal dari kualifikasi akademik, material, serta kepribadian santri dalam memberikan semangat, motivasi dan rasa aman.


Keywords


kapital Sosial, Pertemanan, Santri, Pesantren

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D., Cucuani, H. 2014. Hubungan Kualitas Persahabatan dan Empati Pada Pemaafan Remaja Akhir. Jurnal Psikologi,Vol. 10(1).

Bourdieu, P., & Wacquant, L. 1992. An Invitation to Reflexive Sociology. Cambridge, UK: Polity Press.

Bourdieu, P. 1986. The Forms of Capital. In J. Richardson (Ed.), Handbook of theory and research for the sociology of education. New York, Greenword Press.

Branyi, A. 2015. The Role of Social Capital in the Transdanubian Winery Networks. Journal of Economics and Management, Vol. 19(1).

Centifanti, L. C. M., Modecki, K. L., MacLellan, S., & Gowling, H. 2014. Driving under the influence of risky peers: An experimental study of adolescent risk taking. Journal of Research on Adolescence. Online Publication.

Devito, J. A. 2013. The Interpersonal Communication Book. UK: Pearson.

Fukuyama, F. 2000. Social Capital and Civil Society. IMF Working Paper WP/00/74.

Grootaert, C., Narayan, D., Nyhan, V., Woolcock, J. M. 2003. Measuring Social Capital: An Integrated Questionnaire. World Bank Paper No.18.

Jenkins, R. 1992. Key Sociologists: Piere Bourdieu. New York, Routledge.

Kingery, J. N., Erdley, C. A., & Marshall, K. C. 2011. Peer acceptance and friendship as predictors of early adolescents adjustment across the middle school transition. Merrill-Palmer Quarterly, 57(3).

Miles, M. B., Huberman, M. A. 1992. Qualitative Data Analysis (1st ed). London: Sage Publication.

Nilan, P., Burgess, H., Hobbs, M., Treadgold, S., & Alexander, W. 2015. Youth, Social Media, and Cyberbullying Among Australian Youth: Sick Friends. Social Media and Society, England:Sage.

Portes, A. 1998. Social Capital: Its Origins and Applications in Modern Sociology. Annual Review of Sociology, Vol. 24, pp. 1-24.

Pritaningrum, M., Hendriani, W. 2013. Penyesuaian Diri Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, Vol. 02(3).

Satiti, N. L. 2017. Subjektivitas Orang Tua Pasien Dalam Komunikasi Interpersonal Antara Dokter Anak Dengan Orang Tua Pasien. Jurnal Komunikator, Vol. 9 No. 2.

Syamni, G. 2010. Profil Social Capital Suatu Kajian Literatur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 17 No. 2 Hal. 174-182.

Syamsul, S., Widyastuti & Nurdin, M. 2018. Motif Persahabatan dan Kesepian Pada Santri. Jurnal Psikologi, Vol 3(2).

Tulin, M., Lancee, B., Volker, B. 2018. Personality and Social Capital. Journal of Social Psychology Quarterly, Vol. 81(4).

Uink, B. N., Modecki, K. L., Barber, B. L. 2017. Disadvantaged youth report less negative emotion to minor stressors when with peers:An experience sampling study. International Journal of Behavioral Development 2017, Vol. 41(1) 4151.

Walsh, M. 2002. Pondok Pesantren dan Ajaran Golongan Islam Ekstrim. Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Putri Darur Ridwan Parangharjo Banyuwangi. ACICIS Program, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur.

Wilkinson, R. 2008. Development and Properties of the Adolescent Friendship Attachment Scale. Journal of Youth and Adolescence 37(10).

Yin, Robert. 2018. Case Study Research and Application: Design and Methods. UK: Sage Publications.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.816

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: [email protected]

 

Copyright (c) 2021 WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.