Gerakan Opini Digital pada #TolakUUCiptaKerja di Twitter dengan Pendekatan Social Network Analysis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Airoldi, M., Barisione, M., & Michailidou, A. (2019). Understanding a Digital Movement of Opinion : The Case of # RefugeesWelcome. Information, Communication & Society, 22(8), 1–44.
Al Majid, A. R., & Nugroho, W. (2022). ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI OPINI PUBLIK PADA FENOMENA “PEMECATAN Dr TERAWAN” DI TWITTER. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(2), 336–345. https://doi.org/10.32509/wacana.v21i2.2192
Barisione, M., & Ceron, A. (2017). A Digital Movement of Opinion ? Contesting Austerity Through Social Media. In Social media and European politics: Rethinking power and legitimacy in the digital era (pp. 1–19). Springer. https://doi.org/10.1057/978-1-137-59890-5
Dawadi, S., Shrestha, S., & Giri, R. A. (2021). Mixed-Methods Research: A Discussion on its Types, Challenges, and Criticisms. Journal of Practical Studies in Education, 2(2), 25–36. https://doi.org/10.46809/jpse.v2i2.20
Debora, Y. (2020). Fakta Omnibus Law UU Cipta Kerja yang Disahkan 5 Oktober. Tirto.Id. https://tirto.id/fakta-omnibus-law-uu-cipta-kerja-yang-disahkan-5-oktober-f5Fg
Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group.
Eriyanto. (2019). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization : A Social Network Analysis / SNA Study on # BubarkanKPAI vs # KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia, VIII(3).
Fatoni, A. (2019). CHAIN NETWORK AKUN TWITTER BMKG (@infoBMKG) DALAM PENYEBARAN INFORMASI CUACA, IKLIM DAN GEMPA BUMI. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i1.1978
Hartanto. (2017). TEXT MINING DAN SENTIMEN ANALISIS TWITTER PADA GERAKAN LGBT. Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 18–25.
Kurniawan, F., & Dewanto, W. A. (2020). Problematika Pembentukan RUU Cipta Kerja dengan Konsep Omnibus Law pada Klaster Ketenagakerjaan Pasal 89 Angka 45 Tentang Pemberian Pesangon kepada Pekerja Yang di PHK. Jurnal Panorama Hukum, 5(1), 73–86.
Latupeirissa, A., Sediyono, E., & Iriani, A. (2019). Pemanfaatan Social Network Analysis Untuk Menganalisis Kolaborasi Komunikasi Pada Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 9(2), 121–132. https://doi.org/10.21456/vol9iss2pp121-132
Mustofa. (2019). PERAN HASHTAG (#) DALAM MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA BRANDING PUSTAKAWAN. Jurnal Libraria, 7(1), 19–38.
Permatasari, N., & Trijayanto, D. (2017). Motif Eksistensi melalui Penggunaan Hashtag (#OOTD) di Media Sosial Instagram. Jurnal Promedia, 3(2), 252–273.
Prabowo, A. S., Triputra, A. N., & Junaidi, Y. (2020). Politik Hukum Omnibus Law di Indonesia. Pamator Journal, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6923
Razy, M. F., & Fedryansyah, M. (2020). Konflik Gerakan Masyarakat Sipil Dan Pemerintah Dalam Proses Penyusunan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.28147
Safitri, D. (2020). Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja dalam Perspektif Komunikasi Pembangunan Partisipatif. Jurnal Dialog Kebijakan Publik, 32(July), 39–49.
Setiawan, H. (2020). Ini Daftar Demo Panas Menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di Berbagai Daerah Kamis 8 Oktober 2020. Portaljember.Pikiran-Rakyat.Com. https://portaljember.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-16814758/ini-daftar-demo-panas-menolak-omnibus-law-uu-cipta-kerja-di-berbagai-daerah-kamis-8-oktober-2020?page=2
Sulistiawati, A. (2017). KAJIAN TEORITIS: ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL. Source Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1).
Tjahyana, L. J. (2019). Gerakan opini digital #truebeauty pada twitter untuk pemeran film adaptasi komik webtoon.
Tomasoa, L., Iriani, A., & Sembiring, I. (2019). Ekstraksi Knowledge tentang Penyebaran #Ratnamiliksiapa pada Jejaring Sosial (Twitter) menggunakan Social Network Analysis (SNA). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 677–686. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661710
Wuriani, N. I. (2021). AKTIVISME TAGAR #PERCUMALAPORPOLISI SEBAGAI ZEITGEIST DEMOKRASI SIBER DI INDONESIA. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 171–183. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1702
Zaenudin, A. (2016). Bagaimana Twitter Memengaruhi Opini Publik dan Preferensi Politik? Tirto.Id. https://tirto.id/bagaimana-twitter-memengaruhi-opini-publik-dan-preferensi-politik-cGre
Zubiaga, A., Spina, D., Martínez, R., & Fresno, V. (2014). Real-Time Classification of Twitter Trends. Journal of the Association for Information Science and Technology. https://doi.org/10.1002/asi.23186
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v22i2.2609
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.