KREATIVITAS PROGRAN NON DRAMA INDOSIAR (Kajian tentang Unsur Drama dan Unsur Jurnalistik pada Progam DAcademy)

Adrian Ingratubun

Abstract


Berpikir kreatif dalam menjawab segala masalah adalah dengan menunjukkan kelancaran berpikir (dapat memberikan banyak jawaban), menunjukkan keluwesan dalam berpikir (fleksibilitas), memberikan jawaban yang bervariasi,
dan melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Secara operasional, kreativitas dapat dirumuskan sebagai kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas), dan orisinalitas dalam berpikir,
serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci suatu gagasan).
Oleh sebab itu, kreativitas sebagai proses berpikir membawa seseorang menemukan metode dan cara baru di dalam memecahkan suatu masalah. Kemudian ia menemukan bahwa kreativitas yang penting bukan apa yang
dihasilkan dari proses tersebut tetapi yang pokok adalah kesenangan dan keasyikan yang terlihat dalam melakukan aktivitas kreatif. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kreativitas merupakan suatu prosesberpikir yang lancar, lentur dan orisinal dalam menciptakan suatu gagasan yang bersifat unik, berbeda, orisinal, baru, indah dan bermakna, serta membawa seseorang berusaha menemukan metode dan cara baru di dalam memecahkan
suatu masalah.


Keywords


Kreativitas, Program Non Drama, Unsur Drama, Unsur Jurnalistik

Full Text:

PDF

References


Barus, Willing, Sedia. 2010. Jurnalistik : Petunjuk Teknis Menulis Berita, PT. Gelora Aksara Pratama;

Jakarta; Penerbit Erlangga.

Basuki, Heru. 2005. Kreatifitas, Keberhasilan, Intelektual dan Faktor-faktor pendukung dalam

pengembangannya, Jakarta : Gunadarma.

Djamal, Hidajanto. 2014. Seluk Beluk Operasional Stasiun Penyiaran dan Produksi Kreatif, Yogjakarta;

Andi Offset

Fachrudin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi, Yogjakarta; Andi Offset.

Monaco, James. 1997. How to Read Film. New York: Oxford University press.

Mosco, Vincent. 2009.The Political Economy of Communication, London; Sage Publication

Kuswandi, Wawan (1996). Komunikasi Massa: Sebuah Analisis Isi Media Televisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Munandar, Utami. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta; PT. Gramedia.

Munandar, Utami. 2002. Anak Unggul Berotak Prima, Jakarta; PT. Gramedia.

Ngalimun, dkk. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas, Yogjakarta; Aswaja Pressindo.

Semiawan, R. Conny. 2009. Memupuk Bkat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta;

Gramedia

Shoemaker, Pamela, J. 2000. Mediating The Message Theories of Influences on Mass Media Content,

USA, Lougman Publishers.

Supriadi, Ded1. 1994. Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung; Alfabeta.

Tabrani, Primadi. 2006. Kreativitas & Humanitas; Sebuah Studi Tentang Peranan Kreativitas Dalam

Perikehidupan Manusia, Yogjakarta & Bandung; Jalasutra.

Wahjuwibowo, Seto, Indiwan. 2015. Pengantar Jurnalistik; Teknik Penuliosan Berita, Artikel, & Feature,

Tangerang Indonesia; PT. Matana Publishing Utama.

Zettl, Herbert. 2003. Television Production Handbook, San Fransisco State University, Thomson Wadsworth.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v15i3.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2021 WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.