STRATEGI KAMPANYE POLITIK PASANGAN JOKOWI-JK PADA POLITIK PEMILIHAN PRESIDEN 2014.

Novita Damayanti, Radja Erland Hamzah

Abstract


Kampanye politik pasangan Jokowi-Jk pada Pemilihan Presiden 2014 berhasil memenangkan hati rakyat Indonesia dengan terpilihnya pasangan tersebut. Pada Pilpres ini muncul sosok yang berbeda dengan gayanya yang sederhana dan dekat dengan rakyat. Kampanye politik Jokowi Jk pada Pilpres 2014 memiliki keunikan tersendiri dan berhasil memenangkan pemilihan presiden. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kampanye politik pasangan Jokowi-JK capres-cawapres Pilpres 2014. Teori dan konsep yang digunakan pada penelitian ini: komunikasi politik, kampanye politik, debat politik dan pencitraan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dengan wawancara, analisis dokumen serta menggunakan metode studi kasus pada penelitian ini.

Strategi kampanye politik Jokowi-JK dalam Pilpres 2014 adalah kerja nyata dengan rakyat. Implementasi kampanye yang dilakukan pada saat itu adalah blusukan, pesta rakyat, partisipasi masyarakat, dankampanye rakyat. Slogan salam dua jadi serta kerja menjadi bagian dalam kampanye tersebut. Ikon kemeja kotak-kota dan kemeja putih menjadi simbol bagi pendukung Jokowi-JK


Keywords


strategi kampanye, komunikasi politik, citra

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma-Teori-Aplikasi, Strategi dan Komunikasi Politik di Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Firmanzah. 2008. Marketing Politik; Antara Pemahaman dan Realitas (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kaid, Lynda Lee. 2004. Handbook of Political Communication Research. New Jersey : Lawrence Erlbaum associates, Inc.

Kaid, Lynda Lee and Christina Holtz-Bacha. 2006. The Handbook of Political Advertising.California : Sage Publications, Inc.

Kavanagh, Denis.1995. Election Campaign: The New Marketing of Politics. Blackwell.

Kriyantono, Rachmat, 2009. Teknik Praktek Penelitian Komunikasi, Jakarta: Kencana Penada Media Grup

Lilleker,Daren,G, 2006. Political Communication.London : Sage Publications.

Macini, Paolo and David L. Swanson, 1996. Politics, Media, and Modern Democracy: Introduction. In Politics, Media, and Modern Democracy: An International Study of Innovations in Electoral Campaigning and their Consequences, edts. Westport,USA: Greenwood Publishing Group.

Mc. Nair, Brian. 2003. An Introduction to Political Communication. London, Routledge.

Mc. Nair, Brian2010, An Introduction to Political Communication. New York: Routledge.

Miles, Matthew. B & A. Michael Huberman, 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan Tjetjep Ruhendi Rahidi), Jakarta : UI-Press.

Moleong, 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. RemajaRosdakarya.

Mulyana, Deddy, 2001. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, Zulkarimen.1990. Komunikasi Politik: Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nimmo, Dan, 1990. Komunikasi Politik, Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady, 2007. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Salim, Agus 2006. Teori Dan Paradigma Penelitian Sosial, Yogyakarta: TiaraWacana.

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.