ADAPTASI BUDAYA MAHASISWA ASAL INDONESIA DI AUSTRALIA

Nathalia Perdhani Soemantri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses adaptasi budaya mahasiswa asal Indonesia di Australia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomenologi dengan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara yang dilakukan pada dua orang pelajar asal Indonesia yang berkuliah di Australia. Sebagai pisau analisis, penulis menggunakan teori adaptasi budaya yang didalamnya terdapat proses, tahapan, dan faktor-faktor adaptasi budaya. Selain itu untuk melengkapi penelitian ini juga menggunakan teori Akomodasi yang didalamnya terdapat jenis-jenis dan asumsi dari akomodasi komunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di Australia melakukan proses adaptasi yang terdiri dari adaptation dan growth. Sedangkan faktor-faktor adaptasi budaya yang ditemukan adalah enkulturasi, akulturasi, dekulturasi, dan asimilasi. Mahasiswa asal Indonesia juga melakukan akomodasi dengan mendasarkan pada pengalaman sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan lawan bicara dan secara selektif melakukan konvergensi dalam berkomunikasi.


Keywords


Adaptasi Budaya, Proses Adaptasi, Akomodasi, Mahasiswa Perantau

Full Text:

PDF

References


Bidang, Anugerah Salon., Erawan, Endang., Sary, KeziaArum. 2018. Proses Adaptasi Mahasiswa Perantauan Dalam Menghadapi Gegar Budaya (Kasus Adaptasi Mahasiswa PerantauandiUniversitas Mulawarman Samarinda). Dunia Komunikasi Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, Vol 6, No, 3, (hal: 212-225).

Creswell, John W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gudykunts, William B dan Kim, Young Y. 2003. Communicating with Stranger, 4 Edition. USA: Mc-Graw Hill Companies, Inc.

Kirana, Rahaditya Puspa. 2012. Strategi Adaptasi Pekerja Jepang terhadap Culture Shock: Studi Kasus terhadap Pekerja Jepang di Instansi Pemerintah di Surabaya. Jurnal Japanology Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, Vol.6, No.1, (hal:1-11).

Kim, Young Yun. 2001. Becoming Intercultural: An Integrative Communication Theory and Cross-Cultural Adaptation. USA: Sage Publication.

Liliweri, Alo. 2004. Dasar-dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Littlejohn, Stephen W. and Karen A Floss. (2009). Teori Komunikasi: Theories of Human Communication (Edisi 9). Jakarta: Salemba Humanika

Lusia Savitri Setyo Utami: Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi, ISSN 2085-1979 Vol.7, No 2, Desember 2015, (hal: 180-197)

Martin, Judith and Thomas K. Nakayama. 2010. Intercultural Communication in Context (5thedition). New York: Mc Graw Hill.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy dan Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Komunikasi Antarbudaya Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Neuman, W. Lawrence. 2016. Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Penerjemah: Edina T.Sofia. Jakarta: PT Indeks

Samovar, Larry A, Richard E. Porter dan Edwin R. McDaniel. 2010. Komunikasi Lintas Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Simatupang, Oktolina., Lusiana A. Lubis., dan Wijaya, Haris. 2015. Gaya Berkomunikasi Dan Adaptasi Budaya Mahasiswa Batak Di Yogyakarta: Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Vol. 2, No. 5, (hal: 314-329).

Soyomukti, Nurani. 2010. Pengantar Sosiologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Widiyaningrum, Mentari Ika. 2017. Adaptasi Mahasiswa Asing di Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id/50770/6/jurnal%20mentari.pdf

West, Richard and Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.